Ahok Contek Teknologi ERP Singapura

Wanda Indana    •    Selasa, 04 Aug 2015 15:34 WIB
erp jakarta
Ahok Contek Teknologi ERP Singapura
Layar informasi Electronic Road Pricing (ERP) terpampang di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. (Foto:MI/Immanuel)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mencontek teknologi electronic road pricing (ERP) Singapura untuk diterapkan di Jakarta. Penerapan teknologi itu diharapkan mampu mempercepat dan memudahkan pengoperasian sistem ERP.
 
Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan, Singapura merupakan negara kecil yang mampu membuat teknologi ERP efisien dan efektif, sehingga minim kesalahan. Pihaknya sudah menginstruksikan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI untuk mencontek teknologi negeri tetangga itu.
 
"Ada beberapa permasalahan, ada laporan yang aneh-aneh, ada yang mengatakan mereka (perusahaan penguji coba ERP Jakarta) mulai mencoret mengarahkan spesifikasi bukan seperti Singapura. Padahal arahan saya sangat jelas," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (4/8/2015).
 
Menurut Ahok, apapun teknologi yang diterapkan di Singapura, dirinya tetap akan menconteknya. Ia berharap ERP segera diterapkan di Ibu Kota. Karena ERP bagian dari solusi kemacetan.
 
"Saya tidak tahu teknologi mana yang lebih benar, mana yang lebih baik. Tapi bagi saya sederhana, Singapura pakai teknologi terakhir apa atau sedang mengarah ke teknologi apa. Kalau dia mengarah ke teknologi baru, saya mau mencontek Singapura," kata Ahok.
 
Di Jakarta sendiri telah dilakukan uji coba ERP di dua lokasi, yakni Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan H.R. Rasuna Said. Uji coba dilakukan oleh dua perusahaan berbeda. Di Jalan Sudirman diuji coba oleh Kapsch. Sementara yang di Jalan Rasuna Said oleh Q-free.


(FZN)

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

Eks Dirut PNRI Sempat Terdiam saat Ditanya Peran Andi Narogong

48 minutes Ago

Mantan Direktur Umum PNRI, Isnu Edhi Wijaya menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus korupsi K…

BERITA LAINNYA