Tingkatkan SDM, Pemerintah Intensif Kirim Penerima Beasiswa ke Luar Negeri

Dheri Agriesta    •    Selasa, 04 Aug 2015 15:59 WIB
pendidikan
Tingkatkan SDM, Pemerintah Intensif Kirim Penerima Beasiswa ke Luar Negeri
Wapres Jusuf Kalla saat difoto di kantor Sekretariat Wakil Presiden RI, Jakarta, Jumat (24/7).--Foto: MI/Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla mengingatkan pentingnya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk dapat bersaing secara global. Sebab itu, pemerintah akan berusaha secara intensif memberikan beasiswa kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi untuk belajar ke luar negeri.

"Dengan mengirim secara intensif secara teratur dan dengan jumlah yang lebih besar, kita belajar ke luar negeri. Sehingga teknologi, daya saing, informasi kita sejajar dengan bangsa lain," kata JK saat memberikan pembekalan kepada penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (4/8/2015).

JK mengaku, ada batasan jumlah penerima beasiswa setiap tahunnya. Namun, pemerintah selalu berusaha meningkatkan secara kuantitas untuk meningkatkan kualitas SDM.

Antusiasme penerima beasiswa cukup tinggi. Dari total yang mendaftar, hanya 7 persen yang diterima sebagai penerima beasiswa. "Yang masuk baru kira-kira 1.500 tiap tahun, itu terpilih karena itu dari laporan yang ada mendaftar, yang diterima sekitar 7 persenan," jelas JK.

Tak hanya mengirim mahasiswa ke luar negeri untuk belajar, pemerintah juga memiliki program beasiswa untuk pelajar luar negeri yang ingin menimba ilmu di Indonesia. Bahkan, beberapa pelajar dari Malaysia datang ke Indonesia untuk belajar dengan biaya sendiri.

"Ada yang datang dengan biaya sendiri, ada juga yang kita kasih subsidi negara-negara yang kurang maju apakah itu negara-negara Thailand. Ada yang beasiswa Thailand Selatan, ada negara-negara yang lain kita juga biayai, walaupun belum banyak tapi yang paling banyak itu justru Malaysia yang datang dengan biaya sendiri," jelas JK.


(MBM)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

8 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA