KPK Kembali Lelang Bass Metallica Hadiah untuk Jokowi

Roni Kurniawan    •    Selasa, 04 Aug 2015 15:59 WIB
kpk
KPK Kembali Lelang Bass Metallica Hadiah untuk Jokowi
Foto: Gitar bass merk Ibanez milik Presiden Joko Widodo hadiah dari personel Metallica yang dipajang di etalase Gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/9/2014)/Ant_Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Bandung: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang sejumlah barang gratifikasi yang diterima sejumlah pejabat. Salah satu barang yang akan dilelang itu adalah gitar bass milik personel Metallica yang dihadiahkan ke Joko Widodo saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

Lelang akan dilakukan dalam puncak peringatan Hari Anti Korupsi se-Dunia 2015. Acara itu akan digelar di Bandung, Jawa Barat, pada 9-11 Desember 2015.

"Ada pelelangan barang-barang gratifikasi yang diterima oleh KPK akan kita selenggarakan di PVJ (Paris van Java Mall). Ini kegiatan nasional yang dipusatkan di Bandung," kata Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK, Sujanarko di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (4/8/2015).

Sujarnarko mengatakan uang hasil lelang barang-barang gratifikasi yang diserahkan ke KPK itu akan diserahkan langsung ke Departemen Keuangan. KPK sendiri hanya sebagai penyelenggara lelang khusus barang gratifikasi.

"Sebetulnya yang melelang bukan KPK melainkan Depkeu. Tapi penyelenggaranya KPK sehingga duit itu langsung masuk ke Depkeu tidak ditampung di KPK. Ini khusus barang-barang gratifikasi saja salah satunya gitar bass Metallica yang diserahkan Pak Jokowi kepada kita (KPK)," imbuh dia.

Ia pun berharap warga Bandung turut serta dalam acara lelang ini. Gitar bass Metallica itu sempat dilelang di Yogyakarta pada 2014. Namun harga bass milik personel Metallica itu berhenti di harga Rp8,5 juta. Harga ini dinilai masih rendah.  

"Masyarakat Bandung kalau tertarik bisa membelinya dengan harga sangat tinggi untuk kepentingan pemberantasan korupsi," pungkasnya.


(TTD)