Buya Syafii: Intelektual Indonesia Jangan seperti Taliban

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 04 Aug 2015 16:08 WIB
pendidikan
Buya Syafii: Intelektual Indonesia Jangan seperti Taliban
Buya Safii. Antara Foto

Metrotvnews.com, Makassar: Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Buya Syafii Maarif menilai pendidikan agama sangat penting bagi kaum intelektual. Supaya kaum intelektual tidak terjerumus dalam ajaran sesat.

"Azra (tokoh Muhammadiyah Azyumardi Azra) saya dengar pergi ke berbagai pulau untuk mengajar, untuk memberikan pencegahan agar intelektual Indonesia tidak gelap," kata Buya Syafii saat bedah buku 'Muazin Bangsa dan Makkah Darat' di Monumen Mandala, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (4/8/2015).

Dia tidak ingin kaum intelektual di Indonesia seperti kelompok Taliban di Afganistan. Dia menilai, pemikiran Taliban sesat. "Taliban yang pernah berkuasa di Afganistan melarang perempuan bersekolah. Ini kan tidak benar," terang dia.

Pria kelahiran Minangkabau ini yakin, terciptanya kaum intelektual yang baik, akan membangkitkan Indonesia yang saat ini masih dilanda berbagai masalah.

"Indonesia bisa bangkit, asal kita bisa menyelesaikan masalah domestik. Masalah domestik itu ada banyak di antaranya, korupsi yang merajalela," pungkas dia.


(TRK)