Wabah MERS Berakhir, Presiden Korsel Pecat Menkes

Willy Haryono    •    Selasa, 04 Aug 2015 16:33 WIB
virus mers
Wabah MERS Berakhir, Presiden Korsel Pecat Menkes
Menkes Korsel Moon Hyong-pyo saat meminta maaf atas wabah MERS. (Foto: SCMP)

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Korea Selatan Park Geun-hye memecat Menteri Kesehatan yang dinilai gagal mengatasi wabah Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau MERS sejak dini. 

Moon Hyong-pyo, yang telah diminta turun setelah sempat meminta maaf di hadapan publik atas MERS, diganti Chung Chin-youb, seorang profesor dari Universitas Nasional Seoul. 

Seperti dikutip AFP, Selasa (4/8/2015), pergantian terjadi sepekan setelah Korsel mendeklarasikan akhir dari wabah MERS. Satu pasien MERS masih dirawat di rumah sakit. 

Tidak ada infeksi MERS tambahan di Korsel sejak 4 Juli. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta adanya periode pengawasan selama empat pekan setelah pasien terakhir MERS dinyatakan sembuh agar wabah itu bisa benar-benar dinyatakan berakhir. 

Ribuan sekolah di Korsel ditutup saat wabah MERS mencapai puncaknya. Pemerintah menerapkan metode karantina dan menahan sekitar 17 ribu orang di beberapa fasilitas dan rumah masing-masing. 

Wabah MERS menghantam perekonomian nasional dan sektor pariwisata Korsel. Pemerintah Korsel mengumumkan dana stimulus senilai USD19,8 juta untuk mengembalikan geliat perekonomian. 



(WIL)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

8 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA