Wabah MERS Berakhir, Presiden Korsel Pecat Menkes

Willy Haryono    •    Selasa, 04 Aug 2015 16:33 WIB
virus mers
Wabah MERS Berakhir, Presiden Korsel Pecat Menkes
Menkes Korsel Moon Hyong-pyo saat meminta maaf atas wabah MERS. (Foto: SCMP)

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Korea Selatan Park Geun-hye memecat Menteri Kesehatan yang dinilai gagal mengatasi wabah Sindrom Pernapasan Timur Tengah atau MERS sejak dini. 

Moon Hyong-pyo, yang telah diminta turun setelah sempat meminta maaf di hadapan publik atas MERS, diganti Chung Chin-youb, seorang profesor dari Universitas Nasional Seoul. 

Seperti dikutip AFP, Selasa (4/8/2015), pergantian terjadi sepekan setelah Korsel mendeklarasikan akhir dari wabah MERS. Satu pasien MERS masih dirawat di rumah sakit. 

Tidak ada infeksi MERS tambahan di Korsel sejak 4 Juli. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta adanya periode pengawasan selama empat pekan setelah pasien terakhir MERS dinyatakan sembuh agar wabah itu bisa benar-benar dinyatakan berakhir. 

Ribuan sekolah di Korsel ditutup saat wabah MERS mencapai puncaknya. Pemerintah menerapkan metode karantina dan menahan sekitar 17 ribu orang di beberapa fasilitas dan rumah masing-masing. 

Wabah MERS menghantam perekonomian nasional dan sektor pariwisata Korsel. Pemerintah Korsel mengumumkan dana stimulus senilai USD19,8 juta untuk mengembalikan geliat perekonomian. 



(WIL)