Jokowi Bahas Kemungkinan Perppu Calon Tunggal

Desi Angriani    •    Selasa, 04 Aug 2015 16:57 WIB
pilkada serentak
Jokowi Bahas Kemungkinan Perppu Calon Tunggal
Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla,--Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo akan membahas kemungkinan menerbitkan perppu calon tunggal untuk tujuh daerah yang hanya memiliki calon tunggal dalam pilkada serentak 2015.

"Akan dibahas untuk menentukan apakah perlu perppu atau tidak. Nanti sore," kata Jokowi seusai melaunching 'Teras BRI Kapal' di Pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Pembahasan akan dilangsungkan di kantor Presiden bersama Ketua KPU Husni Kamil Manik, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua Bawaslu Muhammad, dan Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie.

"Saya akan bertemu dengan Ketua KPU, Mendagri, Menkumham dan juga Ketua DPR untuk berbicara masalah ini. Bawaslu juga, DKPP juga," ungkap mantan Wali Kota Solo ini.

Jokowi berjanji segera mengatasi problem ini agar pilkada serentak jalan sesuai jadwal, 9 Desember. "Nanti setelah dibicarakan. Opsinya banyak. Tapi, nanti setelah bertemu kita bicarakan," pungkas dia.

Sebelumnya KPU merilis 7 daerah hanya punya satu pasangan calon kepala daerah. Daerah itu masing-masing Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat; Kabupaten Blitar, Jawa Timur; Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat; Kota Samarinda, Kalimantan Timur; Kabupaten Timor Tengah Utara di Nusa Tenggara Timur; Kabupaten Pacitan dan Kota Surabaya, Jawa Timur.


(MBM)

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

Kasus KTP-el, KPK Periksa Mayus Bangun untuk Setya Novanto

1 hour Ago

KPK hari ini memeriksa Chief Business Operation PT Astra Graphia IT Mayus Bangun, Astra Graphia…

BERITA LAINNYA