KPK Setujui Gerry Jadi Justice Collaborator

Meilikhah    •    Selasa, 04 Aug 2015 17:06 WIB
kpk tangkap hakim ptun
KPK Setujui Gerry Jadi <i>Justice Collaborator</i>
Plt Pimpinan KPK, Johan Budi SP-----MI/Rommy P

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyetujui Muhammad Yagari Basthara Guntur alias Gerry, anak buah pengacara kondang O.C. Kaligis, menjadi justice collaborator (JC). Gerry akan mengungkap kasus suap yang juga menyeret Gubernur nonaktif Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

"Permintaan saudara Gerry untuk menjadi JC telah diusulkan penyidik untuk bisa diterima," ungkap Pelaksana Tugas Wakil Ketua KPK Johan Budi di Balai Kartini, Jalan Jenderal Gator Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

KPK berharap, Gerry bersedia mengungkap pihak-pihak yang terlibat dalam aliran dana suap tersebut. Dengan demikian tuntutan terhadap dapat lebih ringan.

"Kami berharap kalau sudah jadi JC dia terbuka, bukan kemauan KPK tapi inisiatif dari Gerry," imbuhnya.

Gerry adalah tersangka yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan di Medan. Gerry dicokok usai memberikan duit kepada Tripeni Irianto, Ketua PTUN Medan.

Belakangan terungkap, Gerry sebatas kurir Kaligis. Sebab, KPK sudah mendapat rekaman sadapan antara Gerry dan Evy Susanti, istri kedua Gatot Pujo Nugroho.

Gerry ditugasi memberi duit supaya gugatan Ahmad Fuad Lubis terhadap Kejaksaan Tinggi yang menyidik kasus Dana Bantuan Sosial dan Bantuan Daerah Bawahan (BDB) Sumatera Utara tahun anggaran 2012 dan 2013 bisa menang. Suap diberikan supaya nama Gatot tetap aman tak tersentuh kasus korupsi tersebut.

 


(TII)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA