4 Poin Penting dari Penolakan Gugatan Pembubaran OJK

Dian Ihsan Siregar    •    Selasa, 04 Aug 2015 17:40 WIB
mahkamah konstitusiojk
4 Poin Penting dari Penolakan Gugatan Pembubaran OJK
Ilustrasi OJK (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Tim Pembela Kedaulatan Ekonomi Bangsa (TPKEB) Salamuddin Daeng mengungkapkan setidaknya ada empat poin penting yang bisa disimpulkan dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penolakan gugatan pembubaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada hari ini.

Adapun empat poin yang dimaksudkannya yakni pertama, keputusan ‎MK yang melegalkan pungutan OJK memicu lembaga lain seperti KPK, KPPU, KPI, dan KPU boleh melakukan pungutan seperti apa yang dilakukan OJK.

"Sangat memungkinkan‎ KPK, KPPU, KPI, dan KPU ambil pungutan seperti yang dilakukan OJK. Tanpa (mendapat anggaran) dari APBN," kata Salamuddin, ditemui‎ di Gedung MK, Jakarta, Selasa (4/8/2015)‎.

Poin kedua, terkait MK menghapuskan mengenai OJK tidak boleh diintervensi oleh siapapun‎. Artinya, pihak lain boleh mengintervensi OJK termasuk diintervensi oleh pemerintah dan Bank Indonesia‎ (BI). Poin ketiga, MK memerintahkan agar Pembentuk UU segera melakukan amandemen UU OJK dan UU BI mengenai kewenangan masing-masing dalam mengatur industri perbankan.

"MK memerintahkan secara tegas agar segera amandemen UU BI terkait hal tersebut," tuturnya.

Poin keempat, MK memerintahkan agar Pembentuk UU untuk bersegera menetapkan batas waktu untuk OJK menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). "Dengan demikian, UU OJK yang berkaitan dengan hal tersebut segera diamandemen. Ini penting agar waktunya lebih jelas," pungkasnya.


(ABD)

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

Andi Narogong Bungkam Usai Diperiksa 5 Jam oleh KPK

3 hours Ago

Terdakwa kasus dugaan korupsi proyek KTP elektronik Andi Narogong hari ini kembali diperiksa KP…

BERITA LAINNYA