Pelindo Minta Ombudsman Beberkan Temuan Terkait Suap Dwelling Time

Wibowo    •    Selasa, 04 Aug 2015 17:55 WIB
suap di kemendag
 Pelindo Minta Ombudsman Beberkan Temuan Terkait Suap <i>Dwelling Time</i>
Petugas keamanan berjaga di sekitar Pelabuhan Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta, Rabu 22 Juni 2015. Antara Foto/M Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Operator pelabuhan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) meminta Ombudsman membuktikan temuan mereka terkait praktik suap di pelabuhan. Temuan yang dapat dibuktikan bisa menemukan kesalahan dan mengklarifikasi tuduhan.

"Kami dukung kalau bisa dicek kebenarannya," kata Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto kepada Media Indonesia di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

"Selama ini lempar melempar tanggung jawab dan kewenangannya sehingga bisa terbukti siapa saja yang memang memiliki andil terhadap lamanya waktu dwelling time," lanjutnya.

Ia menambahkan mengeluarkan izin dan administrasi waktu bongkar muat kontainer (dweling time) wewenang pemerintah. Pelindo hanya sebagai terminal atau lokasi kegiatan bongkar muat. Karena itu temuam maladministrasi oleh Ombudsman harus ditelusuri.

Sebelumnya, Ombudsman mengungkap banyak maladministrasi terkait waktu yang dibutuhkan untuk bongkar muat barang. Ombudsman melakukan investigasi selama tiga bulan di empat pelabuhan utama, masing-masing Tanjung Priok, Tanjung Perak, Belawan, dan Soekarno-Hatta Makassar.

Ketua Ombudsman Danang Girindrawardana mengungkapkan temuan maladministrasi itu berupa lamanya proses pengurusan perizinan larangan dan pembatasan dan penerbitan nomor induk kepabeanan (NIK). Juga ketidakpastian waktu layanan pemeriksaan dari proses pemeriksaan hingga respons dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Ada juga temuan peraturan yang cenderung tumpang-tindih di antara instansi penerbit izin, serta pengajuan cargo manifest yang menyebabkan keterlambatan pemberitahuan impor kontainer (PIB). "Belum lagi pungutan liar di titik pelayanan seperti biaya penarikan kontainer ke lokasi hingga Rp400 ribu," ujarnya.


(TRK)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

13 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA