BI Jangkau Ribuan Pulau dengan Teras Kapal

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 04 Aug 2015 18:49 WIB
BI Jangkau Ribuan Pulau dengan Teras Kapal
Gubernur BI Agus Martowardojo (MI/ARYA MANGGALA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo berharap layanan "Teras Kapal" seperti yang diluncurkan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) bisa diikuti oleh bank-bank lainnya sehingga bisa menjangkau ribuan kepulauan yang ada di Indonesia.

"Kita harapkan bank-bank lain juga melakukan aktivitas seperti ini. Dengan teknologi informasi dan infrastruktur bisa menjangkau 17 ribu pulau yang dimiliki Indonesia," ujarnya, di Pelabuhan Kaliadem, Muara Karang, Jakarta Utara, Selasa (4/8/2015).

Dirinya menambahkan, hal tersebut juga sejalan dengan imbauan BI untuk memberikan layanan perbankan terbaik bagi seluruh masyarakat. "Itu sejalan imbauan BI apabila memberikan layanan terluar dan terpencil dilakukan dengan pelayanan terbaik, harus efisien, aman dan berkesinambungan," sambung dia.

Selain itu, Agus menilai, "Teras Kapal" juga bisa menjadi sarana penyaluran bantuan dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah yang disalurkan melalui perbankan. "Bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang perlu disalurkan masyarakat. Itu bisa disalurkan Teras Kapal," terangnya.

Dengan adanya layanan "Teras Kapal", Agus juga berharap dua pertiga wilayah Indonesia yang berada di laut bisa dijangkau, sehingga masyarakat yang tidak mengenal fasilitas bank sekarang bisa menjangkau akses bank.

"BRI bukan hanya menjangkau nasabah di pulau tapi menyiapkan infrastruktur, kapal, dan juga teknologi sehingga ATM bisa dijalankan di masing-masing "Teras Kapal" itu," pungkas dia.
(ABD)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

7 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA