Kejagung Ogah Penuhi Permintaan Gatot Soal Pelimpahan Kasus

Lukman Diah Sari    •    Selasa, 04 Aug 2015 18:56 WIB
kpk tangkap hakim ptun
Kejagung Ogah Penuhi Permintaan Gatot Soal Pelimpahan Kasus
Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan istri/ANT/Akbar Nugroho

Metrotvnews.com, Jakarta: Kejaksaan Agung (Kejagung) tak bisa memenuhi keinginan Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Gatot Pujo Nugroho untuk melimpahkan kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial dan bantuan daerah bawahan (BDB) tahun anggaran 2011-2013 di Pemprov Sumut ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung Tony Spontana menegaskan, hal itu hanya sebatas permintaan, sementara tersangka tak bisa masuk jauh dalam proses penyidikan.

"Yang menyidik itu bukan dia, bukan tersangka. Tersangka itu tidak punya hak untuk minta saya disidik oleh instansi tertentu. Jadi kita abaikan saja itu," kata Tony di Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

Penyidikan untuk kasus ini dilakukan sejak 2013. KPK pun tahu persis runtutan penyidikan dan aturan yang ada di dalamnya. 

"Saya mendengar wakil ketua KPK Zulkarnaen sudah berikan statement. Bahwa beliau mengetahui persis, kejaksaan telah melakukan penyelidikan. Mengacu pada MoU itu, jika satu instansi sudah menangani maka dua instansi lainnya mempersilakan bahkan mendukung," jelasnya.

Tony menegaskan, kini fokus penyidikan masih di sekitar pejabat pemprov Sumut guna menetukan kerugian negara. Penyidik juga berupaya menemukan modus kasus ini.


"Untuk menentukan modusnya, apakah dipergunakan tidak sesuai, diberikan pada yang tidak berhak, bahkan untuk dipakai sendiri, bahkan fiktif. Fiktif itu telak sekali kalau terjadi gratifikasi," tegasnya.

Gatot lewat kuasa hukumnya Razman Arif Nasution berharap KPK melakukan supervisi kasus dugaan penyelewengan dana bansos dan BDB Tahun Anggaran 2011-2013 di Pemprov Sumut. Gatot ingin kasus itu tidak ditangani Kejaksaan lagi untuk mumudahkan proses pemeriksaan. Pasalnya Gatot berserta istrinya Evy Susanti saat ini ditahan KPK untuk kasus suap PTUN Medan.


(OJE)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA