Pembangunan Waduk Lhok Ghuci Permintaan Jokowi

Arif Wicaksono    •    Selasa, 04 Aug 2015 19:13 WIB
kementerian pertaniankementan ads
Pembangunan Waduk Lhok Ghuci Permintaan Jokowi
Waduk Lhok Ghuci di Aceh Barat. FOTO: MTVN/Arif Wicaksono

Metrotvnews.com, Aceh: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memantau perkembangan terkini waduk Lhok Ghuci di Aceh Barat. Presiden Joko Widodo pun mengarahkan untuk membangun bendungan yang belum optimal dalam 13 tahun terakhir tersebut. Atas usulan tersebut dia meminta agar pembangunan waduk dipercepat dari rencana semula.

"Presiden minta pembangunan waduk dipercepat untuk memberikan kesejahteraan bagi petani," jelas Amran, saat berkunjung ke Waduk Lhok Ghuci, di Aceh, Selasa (4/8/2015).

Dia menuturkan awalnya pengembangan waduk dijadwalkan akan selesai dalam tiga atau empat tahun mendatang. Namun, presiden minta dipercepat hingga menjadi dua tahun. "Saya minta dua tahun karena presiden ingin cepat, kalau bisa malah setahun," kata dia.

Selain itu, jika berfungsi optimal, waduk ini dapat mengairi 30.000 hektare (ha) sawah, walaupun pada kenyataannya waduk ini hanya berfungsi untuk 7.000 ha sawah saja.

Oleh karena itu, dia akan menambah ketersediaan sawah jika nantinya waduk tersebut dapat berfungsi optimal. Berbagai cara dilakukan seperti dengan menambah traktor dan memperluas areal waduk yang selama ini hanya seluas 18.452 ha.

"Tahun depan kita akan tambah sawah lagi mencapai 10.000 ha, secara bertahap akan kita maksimalkan," pungkas dia.


(AHL)

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

Miryam: Sejak Awal Saya Kecewa

27 minutes Ago

Miryam mengaku mendapat tekanan selama menjalani pemeriksaan di KPK dan menyesalkan sikap jaksa…

BERITA LAINNYA