Lima Pelaku Pemalsuan STNK Dibekuk di Sumedang

Ismail    •    Selasa, 04 Aug 2015 19:17 WIB
pencurian
Lima Pelaku Pemalsuan STNK Dibekuk di Sumedang
Kasat Reskrim Polres Sumedang AKP Hidayatullah saat menunjukan barang bukti STNK Palsu di Mapolres Sumedang, Metrotvnews.com/ Ismail

Metrotvnews.com, Sumedang: Lima orang pelaku  pembuat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) palsu di Sumedang, Jawa Barat, berhasil ditangkap Satuan Reserse dan Kriminal Polres Sumedang. Para pelaku juga melakukan tindak pencurian dengan kekerasan kepada para korbannya.

“Penangkapan para jaringan pelaku pembuat STNK palsu ini bermula dari laporan sejumlah korban yang mengaku menjadi korban pencurian dengan kekerasan, sehingga mereka kehilangan kendaraannya,” ujar Kasatreskrim Polres Sumedang, AKP Hidayatullah, Selasa, (4/8/2015).

Hidayatullah menyebutkan, para pelaku yang berhasil ditangkap berinisial TH, JA, AN, MA dan seorang pelajar berinisial G yang kini masih duduk di bangku SMA.

“Modus yang mereka lakukan adalah membuat STNK Palsu yang kemudian mengganti nomor polisi, nomor rangka dan nomor mesin pada STNK untuk disesuaikan dengan nomor yang ada pada kendaraan hasil curian,” katanya.

Kendaraan yang sudah di cocokan dengan STNK Palsu tersebut kemudian oleh pelaku langsung dijual ke daerah pelosok atau perkampungan di wlayah Sumedang.

"Dari tangan tersangka kami berhasil mengamankan 16  unit kendaraan roda dua, 13 buah pelat nomor kendaraan dan 7 lembar STNK yang sudah dipalsukan, dan sebuah golok yang diduga dipakai untuk melakukan aksi kejahatan,” sebutnya.

Akibat perbuatan para pelaku, kini mereka dijerat pasal 363, 365 dan 480 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas 5 tahun.
 


(RRN)