Kisruh Kemenpora vs PSSI

BOPI: Sampai Sekarang Arema dan Persebaya Masih Bermasalah

Kautsar Halim    •    Selasa, 04 Aug 2015 19:36 WIB
arema malangpersebayapssi dibekukan
BOPI: Sampai Sekarang Arema dan Persebaya Masih Bermasalah
Ketua BOPI Muhammad Noor Aman (bertopi) saat bertemu pengurus PSSI beberapa waktu lalu (Dok: ANTARA/Hafidz Mubarak)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana PSSI menggelar Liga Super Indonesia (LSI) kembali terancam kendala. Ketua Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Muhammad Noor Aman, Selasa 4 Agustus, mengklaim Persebaya dan Arema Cronus, masih bermasalah hingga saat ini.

PSSI melalui rapat Komite Eksekutif (Exco), Senin 3 Agustus kemarin, sempat melahirkan 15 keputusan terhadap rencana aktivitas sepak bola Indonesia di waktu mendatang. Salah satunya, LSI diputuskan berlangsung pada pekan ketiga di bulan Oktober.

Saat itu PSSI juga mengumumkan jumlah peserta LSI dan jumlah klubnya dipastikan masih sama seperti musim lalu, tak terkecuali Arema Cronus dan Persebaya Surabaya. Noor Aman yang mengetahui hal itu otomatis memiliki perhatian serius. Pasalnya, kedua klub diklaim masih terganjal masalah yang sama hingga kini.

"Sampai sekarang kedua klub itu tercatat masih punya masalah. Artinya, belum ada penyelesaian dari mereka. Kalau itu tetap dimainkan, bakal kami verifikasi lagi dan bahkan bukan hanya dua tim itu saja. Bisa saja ada tim lain yang  utang-utangnya tertunggak setelah itu," tegas Noor Aman ketika ditemui di Gedung Menpora, Selasa (4/8/2015).

Sekadar informasi, Arema dan Persebaya sempat tidak mendapat rekomendasi BOPI pada musim lalu. Mereka berdua sama-sama tidak lolos verifikasi karena terganjal masalah legalitas dan kelengkapan administrasi klub. Persoalan ini akhirnya merembet terhadap lahirnya Surat Pembekuan PSSI dari Kemenpora dan semakin memanaskan kisruh sepak bola di Tanah Air.


(RIZ)