BEI Terus Lakukan Pelatihan Penggunaan XBRL

Antara    •    Selasa, 04 Aug 2015 22:25 WIB
bei
BEI Terus Lakukan Pelatihan Penggunaan XBRL
Ilustrasi. FOTO: ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Bursa Efek Indonesia (BEI) terus melakukan pelatihan tentang tata cara penggunaan Extensible Business Reporting Language (XBRL) dalam rangka meningkatkan kesadaran emiten menyampaikan pelaporan bisnis.

"Saat ini Bursa sedang melakukan pelatihan tata cara penggunaan dan uji coba penggunaan XBRL kepada seluruh emiten," kata Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, di Jakarta, Selasa (4/8/2015).

Dalam rangka uji coba, lanjut dia, dalam waktu dekat BEI berencana membuka akses cloud untuk emiten. Bursa sendiri juga berencana melakukan parallel run untuk pelaporan XBRL sampai dengan akhir 2015.

Ia menjelaskan XBRL merupakan standar format pelaporan bisnis perusahaan yang menyempurnakan proses persiapan, analisis, dan akurasi untuk berbagai pihak yang menyediakan dan menggunakan informasi bisnis.

Penerapan XBRL, lanjut dia, juga memungkinkan informasi bisnis yang akurat dapat didistribusikan secara efisien melalui internet, dan dapat langsung diolah sesuai dengan kebutuhan investor dan pengguna data lainnya di seluruh belahan dunia.

Berkaitan dengan pengembangan XBRL, Samsul Hidayat mengatakan, BEI telah ditunjuk dan diberikan kepercayaan oleh XBRL International untuk menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan acara XBRL Asia Roundtable 2015, sebuah forum yang bertujuan untuk bertukar wawasan dan menyampaikan pengembangan terkini mengenai XBRL di negara-negara Asia.

"Bursa akan mengadakan Indonesia National XBRL Conference 2015 di Jakarta pada 19-20 Agustus 2015, yang ditujukan untuk meningkatkan public awareness terkait penggunaan dan pengembangan XBRL di Indonesia," tutup dia.


(ABD)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

21 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA