Capim KPK Dijamin Clean and Clear oleh Polri

Ilham wibowo    •    Rabu, 05 Aug 2015 07:57 WIB
capim kpk
Capim KPK Dijamin <i>Clean and Clear</i> oleh Polri
Ketua Pansel KPK Destry Damayanti/ANT/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Destry Damayanti menegaskan pihaknya perlu penjaminan hukum dari Polri terkait rekam jejak peserta. Apabila terdapat masalah, diharapkan bisa diselesaikan dalam proses seleksi sehingga tak menjadi sesuatu yang terlanjur.

"Intinya Polri menyatakan clear and clean. Apabila terjadi suatu kasus yang dahulu diungkit kembali, yang kami harapkan satu jaminan bahwa saat si capim itu menerima surat bahwa dia dinyatakan bersih, ya dia bersih," tegas Destry dalam dialog Bincang Pagi Metro TV, Rabu (5/8/2015)

Permasalahan calon pimpinan KPK yang telah lalu bila diungkit kembali ketika menjabat sebagai pimpinan KPK dikhawatirkan mengakibatkan kinerja kepemimpinannya menjadi tidak efektif. KPK tak ingin fungsi pimpian KPK ataupun lembanganya itu menjadi tidak optimal dalam menjalankan tugas.

"Jangan akhirnya seperti yang terjadi sekarng ini, yang bersangkutan kena masalah hukum sehingga dia menjadi tidak efektif untuk menjalankan tugas, atau dia harus mengundurkan diri karena memang pada pasal 32 UU KPK mengataka seorang pimpinan kemudian menjadi tersangka dalam kasus apapun maka dia harus mengundurkan diri," jelasnya.

Destry berharap kepolisian bisa memegang komitmen ini. Sebab, masyarakat pun telah diberi kesempatan untuk menilai rekam jejak capim KPK dalam waktu yang sangat panjang.

"Kalau misalnya tiba-tiba ada yang mengatakan dia punya masalah, kenapa tidak dilakukan sebelumnya. Jika temuan baru ditemukan, jangan dilakukan pada saat memimpin, kami berharap proses itu bisa ditunda dengan catatan permasalahannya yang bersifat minor," tuturnya.


(OJE)