Data Ekonomi Kuartal II Bisa Bikin Rupiah Keok

Ade Hapsari Lestarini    •    Rabu, 05 Aug 2015 08:21 WIB
kurs rupiah
Data Ekonomi Kuartal II Bisa Bikin Rupiah Keok
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Pergerakan nilai tukar rupiah pada perdagangan hari ini diprediksi kembali melemah seiring dengan pengumuman data ekonomi Indonesia kuartal II-2015.

"Hari ini, selain dolar index yang menguat di pasar global, rilis GDP kuartal II-2015 yang diperkirakan turun ke 4,6 persen YoY berpeluang menambah sentimen negatif terhadap rupiah," demikian dikutip dari hasil analisa Samuel Sekuritas, Rabu (5/8/2015).

Analisa mereka memaparkan, pergerakan rupiah berhasil menguat hingga kemarin sore tetapi sentimen pelemahan sepertinya belum akan hilang sepenuhnya. Selain itu, consumer confidence index di July yang turun bisa mengurangi optimisme yang naik bahwa perekonomian dapat membaik di semester II-2015.

Seperti diketahui, dolar index kembali menguat hingga dini hari tadi setelah angka factory orders AS diumumkan di atas perkiraan. Di sisi lain, walaupun kesepakatan antara Yunani dan pemberi kredit terhadap beberapa sisa syarat utang akan tercapai dalam waktu dekat, euro melemah merespons angka inflasi produsen Jerman yang memburuk.

"Angka neraca perdagangan AS ditunggu malam nanti diperkirakan melebar defisitnya," pungkas riset tersebut.


(AHL)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

8 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA