Review Tablet

Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE: Tablet Para Profesional

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 05 Aug 2015 12:32 WIB
review gadget
Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE: Tablet Para Profesional
Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE cocok untuk para profesional

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasar tablet sedang menurun. Hal tersebut dapat dilihat dari semakin melemahnya minat masyarakat terhadap tablet karena posisinya sebagian telah tergantikan oleh ponsel berlayar besar atau biasa disebut dengan phablet.

Meskipun demikian, berbagai produsen gadget masih terus memproduksi dan merilis tablet baru karena tablet masih memiliki berbagai kelebihan yang tidak dapat dihadirkan di ponsel biasa maupun phablet.



Samsung adalah salah satu di antara produsen gadget tersebut. Mengingat posisinya yang masih sangat kuat di Indonesia, Samsung tentunya memiliki keuntungan tersendiri dalam memasarkan tabletnya, meskipun mereka memiliki berbagai jenis phablet dalam jajaran produknya. Salah satu tablet yang baru dirilis Samsung adalah Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE yang merupakan tablet 8-inci dilengkapi dengan sebuah stylus seperti halnya phablet Galaxy Note.
 

Desain

Jika berbicara soal desain, sejak dulu Samsung memang memiliki ciri khas. Balutan warna abu-abu tua dengan logo Samsung di belakang, dilengkapi dengan tombol Home berbentuk silindris di bagian bawah adalah beberapa ciri khas desain Samsung yang banyak ditemukan di perangkatnya.

Hal yang sama pun terdapat pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE. Tablet yang juga telah dapat terkoneksi dengan jaringan 4G LTE tersebut menggunakan desain bodi yang boleh dikatakan "Samsung banget". Tambahannya adalah ia memiliki dua slot (SIM dan microSD) di bagian sisi bodinya, serta memiliki tempat menyimpan stylus atau S-Pen di bagian pojok atas bodinya.



Sama seperti saudara-saudaranya, bodi Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE tergolong kokoh dan agak tebal. Bodi tebal tersebut memang dapat dimaklumi karena tablet ini memiliki stylus yang ukurannya juga cukup tebal. Selebihnya, desain Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE sangat mirip dengan desain perangkat Samsung pada umumnya.

Satu hal yang disayangkan dari tablet ini adalah penggunaan layar beresolusi rendah, yaitu hanya 768 x 1024 pixel. Meskipun secara kasat mata tablet ini masih mampu menampilkan gambar dengan sangat bagus, baik ketika memutar video, melihat foto, dan bermain game, penggunaan resolusi rendah tersebut sangat terasa ketika kami mencoba menggambar di aplikasi S-Note dengan menggunakan S-Pen.



Saat mencoba S-Note, goresan yang kami lakukan pada layar ketika menggambar terasa selalu berlebihan. Kadang kami ingin menggambar sebuah garis pendek, namun yang keluar seringkali menjadi lebih panjang. Hal yang sama pun terjadi saat menghapus. Selebihnya, kami tidak menemukan masalah atau kekurangan apa pun.
 

Software & Aplikasi

Beberapa waktu yang lalu sempat terdengar kabar bahwa Samsung mulai menjalin "hubungan mesra" dengan Microsoft. Buah dari hubungan tersebut pun kini terlihat dengan hadirnya berbagai aplikasi Microsoft di Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE yang kami uji kali ini.

Beberapa aplikasi Microsoft yang hadir di Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE adalah Skype, serta empat aplikasi Microsoft Office, yaitu Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote. Tidak hanya itu, terdapat pula aplikasi penyimpanan Microsoft OneDrive yang tentunya akan menyaingi Google Drive secara langsung di tablet ini.



Apliaksi unik lain yang terdapat pada tablet ini adalah aplikasi S-Note. Sama seperti S-Note yang hadir di Galaxy Note dan berbagai perangkat Samsung lainnya, S-Note di Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE merupakan salah satu aplikasi kunci penunjang kegiatan penggunanya. Tidak hanya dapat digunakan untuk menggambar, S-Note dapat digunakan untuk menulis notulen singkat, hingga membuat desain dan sketsa. Didukung dengan S-Pen yang juga hadir di tablet ini, S-Note berhasil menjadi salah satu aplikasi favorit kami di tablet ini.



Sementara itu, di bagian antarmukanya, Samsung masih menggunakan antarmuka TouchWiz. Antarmuka khas Samsung tersebut memang telah sangat familiar dengan kami sehingga kami tidak memerlukan banyak waktu untuk beradaptasi. TouchWiz pada tablet ini juga telah dilengkapi dengan sistem multitasking, sehingga kami dapat bekerja dengan lebih optimal ketrika menggunakan tablet ini.

Kamera & Video

Jujur saja, kami tidak melihat ada fitur istimewa pada kamera di Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE. Meskipun demikian, bukan berarti kamera dari tablet ini mengecewakan. Hasil jepretannya cukup bagus dengan kontras warna yang pas. Sayangnya, hasil jepretannya pada kondisi low light tidak sebagus pada kondisi normal. Noise terpantau di mana-mana, dan kamera sulit sekali fokus. Selain itu, tablet ini tidak dilengkapi dengan lampu flash sama sekali, sehingga Anda memerlukan sumber cahaya lain jika ingin memotret dalam keadaan low light.



Untuk perekam video, Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE hanya mampu merekam video beresolusi 720p. Hal tersebut mungkin karena keterbatasan kamera yang digunakan, 5 megapixel untuk kamera belakang dan 2 megapixel untuk kamera depan. Meskipun demikian, keduanya telah cukup mumpuni untuk kebutuhan video call melalui Skype yang telah tersedia di tablet ini.



Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE juga tidak memiliki fitur berlimpah pada aplikasi kameranya. Fitur yang tersedia tergolong standar, seperti panorama shoot, beautification sederhana, dan sedikit tambahan efek filtering. Aplikasi kamera pada Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE juga tidak dilengkapi dengan mode pengaturan manual.
 

Performa & Baterai

Secara keseluruhan, performa Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE memang tak mengecewakan, juga tidak terlalu istimewa. Ditenagai prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dan RAM sebesar 2GB telah menjadikan tablet ini sangat mumpuni untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari seperti memutar musik dan video, membuka dokumen dan email, serta bermain game ringan. 



Ketika diajak bermain game dengan grafis yang kompleks seperti XCOM: Enemy Within, kami menemukan penurunan framerate yang cukup drastis pada bagian-bagian tertentu. Kurangnya performa grafis untuk keperluan gaming berat pada tablet ini juga terbukti pada hasil benchmark yang kami lakukan dengan menggunakan 3DMark. Meskipun masih tergolong sedikit unggul dari beberapa pesaingnya, skor yang dihasilkan tergolong rendah.



Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE memiliki daya tahan baterai yang cukup memuaskan. Dalam pengujian yang kami lakukan dengan menggunakan PCMark, ia mampu bertahan hingga hampir selama 8 jam. Skor tersebut tergolong tinggi, dan tentunya dengan daya tahan baterai yang panjang, maka tablet ini tidak akan mengganggu Anda beraktivitas.
 

Kesimpulan

Dari serangkaian pengujian yang kami lakukan, jelas tablet ini dirancang bukan untuk keperluan mengambil foto ataupun video. Tablet ini juga dirancang bukan untuk keperluan gaming kelas berat. Bagi kami, tablet ini justru dirancang untuk para profesional, dan pebisnis yang tak memerlukan kekuatan grafis serta kamera kelas atas, serta lebih bergantung kepada aplikasi serta fitur pendukung produktivitas seperti multitasking.

Yang membuat kami semakin yakin bahwa tablet ini dirancang untuk para pengguna tersebut adalah S-Pen dan aplikasi penunjang seperti S-Note dan Microsoft Office. Kedua kombinasi tersebut membuat tablet ini menjadi senjata bagi mereka yang ingin lebih produktif dalam berkegiatan sehari-hari.
 
  Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE
Prosesor Quad-core 1,2GHz
RAM 2GB
OS Android 5.0 (Lollipop)
Memori Internal 16GB
Kamera 5MP (Belakang), 2MP (Depan)
Dimensi 208.3 x 137.9 x 7.4 mm
Bobot 313g
Baterai Non-removable Li-Ion 4200 mAh
Layar 8-inci TFT, 768 x 1024 pixels (160 ppi)
Konektivitas GSM/HSPA/4G LTE
Harga Rp4.265.000
 

Samsung Galaxy Tab A 8.0 LTE

 

7.8

  • + S-Pen dan S-Note
  • + Baterai tahan lama
  • + Dapat multitasking
  • - Resolusi layar rendah
  • - Kamera tanpa flash
  • - Harga di atas rata-rata



(ABE)