Review Router

Linksys WRT1900AC, Router WiFi Kencang dengan Sinyal yang Kuat

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 05 Aug 2015 12:41 WIB
review peripheral
Linksys WRT1900AC, Router WiFi Kencang dengan Sinyal yang Kuat
Router WiFi Linksys WRT1900AC

Metrotvnews.com, Jakarta: Siapa yang tak kenal WiFi di zaman serba gadget saat ini? Berbeda dengan sepuluh tahun yang lalu, WiFi telah menjadi istilah yang sudah tak asing lagi. Kebutuhan akan sinyal WiFi semakin tinggi, terutama di tempat-tempat umum.

Hal tersebut karena pertumbuhan pengguna perangkat mobile yang juga terus bertambah. Salah satu alasan mengapa sinyal WiFi banyak dicari para pengguna perangkat mobile adalah karena ia biasanya terkoneksi dengan internet, sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal dan dapat mengurangi penggunaan kuota data. Selain itu, sinyal WiFi biasanya lebih kuat dan stabil ketimbang sinyal seluler yang seringkali terputus jika terhalang sesuatu.



Tidak hanya di tempat umum, WiFi pun kini banyak digunakan di dalam rumah karena sifatnya yang praktis dan nirkabel. Cukup hadirkan sebuah router WiFi dan berbagai perangkat di dalam rumah, mulai dari PC, laptop, ponsel, dan tablet pun dapat terhubung bersama-sama. Namun apakah router WiFi yang Anda gunakan sudah mumpuni?

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak jenis dan merek router WiFi di pasar. Selain itu, harganya pun berbeda-beda. Ada yang dibanderol ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Namun jika Anda adalah orang yang awam akan teknologi WiFi, tentunya bagi Anda router tersebut akan terlihat sama saja.



Secara fisik, router WiFi memang memiliki bentuk yang tergolong sama, memiliki port, antena, dan lampu indikator. Beberapa router kelas atas biasanya memiliki fitur tambahan, seperti port USB dan tambahan antena untuk penyebaran sinyal yang lebih efektif. 

Meskipun demikian, setiap jenis router memiliki spesifikasi yang berbeda, terutama dalam hal kecepatan transfer data, kekuatan dan penyebaran sinyal, serta frekuensi sinyal yang digunakan. Mengapa ketiga hal tersebut kami sebutkan? Ketiga hal tersebutlah yang seharusnya menjadi poin utama ketika Anda memilih sebuah router WiFi.

Linksys WRT1900AC adalah router WiFi yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda yang menyangkut ketiga faktor tersebut.



Pertama, faktor kecepatan transfer data. Linksys WRT1900AC merupakan router kelas atas yang memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, hingga 1300Mbps. Kami mengerti apabila koneksi internet di Indonesia tidak ada yang memiliki kecepatan mendekati kecepatan tersebut. Jika demikian, lantas apa keuntungannya? Dengan transfer data yang cepat tentunya Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan lancar, salah satunya adalah memungkinkan Anda untuk mengakses, meng-edit, dan menyalin data dari berbagai perangkat dengan lebih cepat.

Faktor kedua, kekuatan dan penyebaran sinyal. Linksys WRT1900AC tak hanya dilengkapi satu atau dua antena saja, namun memiliki empat antena sekaligus. Keempat antena tersebut dapat Anda atur untuk bisa merangkup empat penjuru wilayah sekaligus untuk penyebaran sinyal yang merata.



Terakhir, Linksys WRT1900AC juga telah didukung penggunaan fitur dual band, atau dua frekuensi, yaitu 2,5GHz dan 5GHz untuk memastikan sinyal tetap kuat. Selain itu, Linksys WRT1900AC juga ditenagai prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz yang memungkinkan pengaturan akses jaringan dapat dilakukan dengan cepat, sehingga pengguna WiFi tidak terganggu aktvitasnya.

Tidak hanya sampai disitu, Linksys WRT1900AC dilengkapi dengan sebuah sistem panel kontrol yang lengkap, tidak ribet, dan mudah dimengerti. Berbagai pengaturan, mulai dari keamanan hingga hak akses pun dapat diatur sesuka hati oleh Anda. Selain itu, Linksys WRT1900AC juga dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui aplikasi mobile Linksys Smart Wi-Fi.


(ABE)