10 Agustus, BPPT Launching Card Reader E-KTP

- 16 Mei 2013 21:57 wib
Antara/Joo Sulistyo/cs
Antara/Joo Sulistyo/cs

Metrotvnews.com, Jakarta: Card reader buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah mengacu pada spesifikasi bertaraf internasional dengan ISO 14443 yang digunakan sebagai standar di seluruh dunia.

Direktur Pusat Teknologi dan Informasi BPPT Hamman Riza menjelaskan itu. Ia mengaku sudah banyak yang berminat ingin memproduksi card reader buatan BPPT, baik swasta maupun pemerintah.

"Kami tidak membatasi. Kami terbuka. Ini mekanisme pasar. Yang bisa menjadi produsen dengan efisien dan berkualitas akan dipakai instansi pelayanan publik. BPPT bukan memproduksi card reader. Kami mengkaji penerapan teknologi yang tepat untuk e-KTP," ucapnya kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Kamis (16/5).

Sekarang, BPPT sedang dalam tahap penyempurnaan card reader. Pada 10 Agustus 2013, BPPT akan meluncurkan alat pembaca e-KTP itu.

"Kami tidak satu malam mengerjakan ini, sudah dua tahun. Dulu versi yang pertama belum ada scanner beometric. Sekarang sudah ada. Masih terus kami lakukan kajian dan uji coba," paparnya.

Ditanyakan soal keamanan, pihaknya berujar, "Keamanan berbanding terbalik dengan kenyamanan. Kalau anda mau nyaman pasti security-nya tidak akan mudah. Orang harus datang sendiri memberikan jari, tidak bisa via telepon saja. Verifikasi sidik jari itu digunakan untuk identifikasi ketunggalan," jelasnya. (Astri Novaria)

()

Bakal calon presiden dari PDIP, Joko Widodo. -- Surya Perkasa

Teka-Teki Deklarasi Cawapres Jokowi

24 April 2014 21:51 wib

JOKOWI suguhkan teka-teki tentang cawapresnya.