Pimpinan Muhammadiyah Dipilih Hari Ini

Antara, Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 05 Aug 2015 09:46 WIB
muktamar muhammadiyah
Pimpinan Muhammadiyah Dipilih Hari Ini
Suasana pemungutan suara di Muktamar Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Makassar, Rabu (5/8/2015). Foto: Zulfikar Fazli/MTVN

Metrotvnews.com, Makassar: Ketua Umum PP Muhammadiyah pengganti Din Syamsuddin akan dipilih hari ini pada Muktamar Muhammadiyah ke-47. Saat ini tengah berlangsung pemungutan suara untuk mengerucutkan 39 nama calon ketua umum menjadi 13 nama. 

Pemungutan suara dilangsungkan di Kampus Universitas Muhammadiyah Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (5/8/2015).

Ke-13 nama yang terpilih langsung menjadi formatur. Dan mereka akan berembuk memilih satu nama yang jadi ketua umum periode 2015-2020. Ketua umum dipilih lewat skema musyawarah mufakat. Mereka juga menentukan struktur anggota pimpinan pusat. 

"Ini dipilih 13 orang dengan cara melingkari. Nanti mereka bermusyawarah memilih ketua umum," kata salah seorang kandidat ketua umum, Yunahar Ilyas. 

Rinciannya, seperti dikutip dari Antara, ke-13 formatur ini akan menentukan figur para pimpinan PP Muhammadiyah periode 2015-2020. Sementara untuk penetapan anggota PP Muhammadiyah, menurut informasi akan dilakukan besok 6 Agustus atau saat Sidang Pleno VII.

Kemudian dilanjutkan sidang anggota PP Muhammadiyah terpilih dengan agenda memilih ketua umum persyarikatan dan penetapan sekretaris umum. Setelah itu, ketua umum akan ditetapkan dan sektretaris umum diumumkan pada Sidang Pleno VIII.

Serah terima jabatan pimpinan PP Muhammadiyah akan dilakukan pada hari terakhir Muktamar Muhammadiyah yang dijadwalkan Jumat 7 Agustus. Pada hari yang sama, muktamirin akan mengesahkan keputusan muktamar hasil sidang komisi.


(KRI)