Tampil di Forum World Music Salihara 2015, Balawan Angkat Tema Sosial

Putu Radar Bahurekso    •    Rabu, 05 Aug 2015 10:09 WIB
balawan
Tampil di Forum World Music Salihara 2015, Balawan Angkat Tema Sosial
Balawan (Foto:Antara/Fikri Yusuf)

Metrotvnew.com, Jakarta: I Wayan Balawan atau yang akrab dipanggil Balawan tampil dalam dalam acara Forum World Music Salihara 2015 yang diadakan oleh Komunitas Salihara.

Balawan tampil pada 5 Agustus 2015, di Salihara dan akan menampilkan sebuah pertunjukan teater musikal dengan latar musik tradisional dan modern.

Melalui pertunjukan ini, Balawan ingin memberikan kesempatan kepada musik tradisional untuk diperdengarkan kepada masyarakat agar masyarakat Indonesia juga tidak melupakan musik tradisional Indonesia.

"Tujuan saya mau mengikuti acara ini ya, agar musik-musik tradisional mendapat kesempatan untuk didengarkan kepada masyarakat, karena hal itu jarang banget," ungkap Balawan saat ditemui di Teater Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (4/8/2015).

Balawan juga berharap masyarakat Indonesia mau mengapresiasi dan lebih menghargai musik tradisional.

"Pesan saya melalui pertunjukan ini adalah agar masyarakat kita belajar mengapresiasi saja dulu. Enggak usah muluk-muluk yang penting bisa mengapresiasi. Enggak perlu sampai belajar, karena dengan menghargai itu bisa memberikan tempat bagi musik tradisional di antara musik yang ada sekarang," jelasnya.

Pada penampilannya kali ini, Balawan mengangkat tema kritik sosial, keadaan realita, dan proses kreatif. Diakui Balawan, tidak mudah mengadakan pertunjukan bertema seperti itu dan tidak banyak pemilik lokasi yang mau memberikan tempat pagelaran.

"Karena untuk menjadi idealis, butuh orang idealis juga. Dan bikin pertunjukan seperti ini ada risikonya. Bisa saja orang jadi cinta sama Indonesia, atau baru tiga lagu orang pusing ingin pulang," ucap Balawan setengah berkelakar.


(ROS)