On This Day: Kemenangan Community Shield Pertama MU di New Wembley

Patrick Pinaria    •    Rabu, 05 Aug 2015 10:15 WIB
pada hari ini
<i>On This Day</i>: Kemenangan Community Shield Pertama MU di New Wembley
Manchester United sukses menjuarai Community Shield 2007 (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada 5 Agustus 2007, atau tepat pada delapan tahun lalu, ajang Community Shield untuk pertama kalinya digelar di Stadion New Wembley. Tepat pada waktu itu pula, Manchester United menjadi klub pertama yang memenangkan gelar di stadion baru itu usai mengalahkan Chelsea dengan skor 3-0 lewat adu penalti.

Pada laga itu, United dan Chelsea merupakan tim jawara di kompetisi domestik. Red Devils berstatus sebagai juara Liga Primer Inggris 2006--2007. Sementara itu, Chelsea merupakan pemenang gelar FA 2006--2007.

Namun, pertemuan ini bukan yang pertama kalinya untuk kedua klub di ajang Community Shield. Sebelumnya, mereka pernah bertemu pada 2000.

Kemeriahan perdana Stadion New Wembley saat itu benar-benar terasa. Hal itu tak lepas dari penampilan United dan Chelsea yang berlangsung sengit dan menarik.

United sukses membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-35 lewat gol Ryan Giggs. Namun, gol itu mampu dibalas Chelsea pada menit ke-45 lewat gol Florent Malouda.

Pada babak kedua, United dan Chelsea tak mampu menciptakan gol. Hingga laga pun dilanjutkan ke babak adu penalti.

Babak adu penalti hanya melibatkan tiga penendang dari masing-masing tim. Tiga pemain Chelsea seperti Claudio Pizarro, Frank Lampard, dan Wright-Philips gagal mengeksekusi penalti. Sementara itu, tiga pemain United, Rio Ferdinand, Michael Carrick, dan Wayne Rooney berhasil membobol gawang Chelsea.

United pantas berterima kasih kepada kiper mereka Edwin Van Der Sar. Pasalnya, ia berhasil membendung tendangan tiga eksekutor Chelsea.

Kemenangan atas Chelsea membawa United berhak menjadi juara Community Shield. Kemenangan ini juga merupakan yang ke-16 bagi mereka.

 


(PAT)