Cara untuk Membuat Otak Lebih Sehat

   •    Rabu, 05 Aug 2015 10:34 WIB
kesehatan
Cara untuk Membuat Otak Lebih Sehat
Menjaga kesehatan otak itu penting. (Foto:morrocoworldnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang memikirkan bagaimana cara untuk menyehatkan tubuhnya. Salah satunya adalah dengan olahraga untuk kebugaran. Namun, bagaimana dengan kesehatan otak Anda?

Kunci agar otak tetap sehat yakni Anda harus tetap aktif sepanjang waktu tidak peduli berapapun usia Anda. Tetapi, olahraga juga bisa membuat otak Anda baik karena memiliki tambahan nutrisi, namun Anda juga perlu cara lain untuk mengasah otak Anda menjadi semakin kreatif dan berkembang seperti beberapa cara berikut ini.

- Melatih pikiran Anda

Ahli otak dan psikolog setuju bahwa melatih pikiran secara teratur dalam pola tertentu dapat membantu meningkatkan efisiensi kognitif. Caranya? Sangat mudah, Anda hanya dengan melakukan beberapa latihan mental secara teratur untuk merangsang pikiran Anda supaya berkembang. 

Contohnya seperti melakukan permainan teka-teki silang. Klise memang, namun itu sangat bermanfaat. Dengan melakukan permainan teka-teki, Anda akan merangsang otak Anda untuk berpikir dengan keras. Lagipula, cara ini sangat efektif dalam melatih otak Anda apabila dilakukannya secara rutin.

- Meningkatkan aktivitas mental

Ketahuilah, otak yang tajam itu perlu meningkatkan pengetahuan secara teratur. Anda bisa mencoba merangsangnya dengan melakukan percakapan dengan orang-orang yang memiliki intelektual atau orang berbobot setiap harinya. Sebab, dengan komunikasi, Anda akan lebih cepat dalah mengumpulkan informasi-informasi baru untuk otak Anda.

- Makanan

Mungkin sudah banyak ulasan yang menjelaskan makanan apa saja yang baik untuk otak Anda. Seperti ikan salmon, telur, buah-buahan dan kacang-kacangan. Maka dari itu, Anda jangan sampai lupa untuk memakan itu semua secara rutin setiap harinya untuk hasil yang maksimal. 

- Hindari begadang

Kurang tidur sangat mempengaruhi fungsi otak Anda. Jangan pernah melewatkan tidur meskipun itu hanya satu malam dalam hidup. Karena seperti yang para penelitian ungkapkan, kurang tidur bisa membuat memori Anda berkurang secara drastis.

- Berada dalam hubungan yang bahagia

Saat Anda merasa selalu bahagia, otak Anda juga akan memiliki ruang lingkup yang cukup baik untuk mengembangkan dirinya. Tapi sebaliknya, bila Anda berada dalam hubungan yang tidak sehat, Anda akan selalu stres dan otak Anda pun akan demikian. Sehingga, Anda tidak bisa menggunakan otak Anda bekerja secara maksimal. Intinya, kunci hidup bahagia, bisa membuat otak Anda juga bekerja dengan baik. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

Golkar Ancam Pecat Dolly Kurnia

45 minutes Ago

Golkar akan menerapkakan aturan partai terhadap kader yang dianggap melanggar aturan dan indisi…

BERITA LAINNYA