Dua KA di India Keluar Jalur, 19 Penumpang Tewas

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Aug 2015 10:44 WIB
kecelakaan india
Dua KA di India Keluar Jalur, 19 Penumpang Tewas
Kereta api meninggalkan sebuah stasiun di New Delhi, India, 3 Juli 2015. (Foto: AFP / MONEY SHARMA)

Metrotvnews.com, New Delhi: Dua kereta api di wilayah pusat India keluar jalur saat melintasi rel yang tergenang banjir akibat guyuran hujan deras. Sedikitnya 19 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Kereta Kamayani Express sedang bergerak menuju Mumbai dan keluar jalur di dekat kota Harda, negara bagian Madhya Pradesh, Selasa (4/8/2015) malam. Sementara Janata Express yang melaju dari arah sebaliknya juga keluar jalur tak lama setelah itu. 

Menurut laporan Anil Saksena, petugas perlintasan, kedua kereta sama-sama melintas sebuah jembatan di atas Sungai Machak yang meluap, sekitar 950 kilometer dari selatan New Delhi. Enam gerbong Kamayani Express beserta lokomotif dan empat gerbong dari Janata Express terlempar keluar jalur. 

Seperti dikutip AFP, sedikitnya dua gerbong tenggelam sebagian di sungai. Sebagian besar penumpang berhasil diselamatkan, tapi petugas masih mencari beberapa lainnya yang dikhawatirkan terjebak. 

Bijendra Kumar, seorang petugas kereta di Bhopal, mengatakan sedikitnya 19 jasad telah ditemukan dan satu penumpang terluka serius. 

Kumar menyebut operasi penyelamatan hampir berakhir, dan pihaknya akan segera memperbaiki rel agar lalu lintas kereta dapat berlanjut. Puluhan jadwal perjalanan kereta terganggu akibat kejadian tersebut. 

India adalah salah satu negara dengan jaringan kereta api terbesar di dunia. Namun, banyak bagian rel yang jarang dipelihara dan diperbaiki sehingga rentan memicu kecelakaan.


(WIL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA