Hasil Identifikasi Puing Diduga MH370 Diumumkan Pekan Ini

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Aug 2015 13:17 WIB
malaysia airlines
Hasil Identifikasi Puing Diduga MH370 Diumumkan Pekan Ini
Petugas membawa benda plastik dari tepi pantai Pulau Reunion, Prancis, 2 Agustus 2015. (Foto: AFP / RICHARD BOUHET)

Metrotvnews.com, Perth: Otoritas Australia menyebut puing diduga dari pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 sedang diperiksa tim ahli, dan akan segera diumumkan pekan ini.

Puing bagian sayap atau flaperon itu ditemukan di Pulau Reunion, Prancis, sepekan lalu. 

"Analisis sedang dilakukan otoritas Malaysia dan Prancis untuk menentukan apakah flaperon itu berasal dari MH370," ucap Wakil Perdana Menteri Australia Warren Truss.

"Malaysia dan Prancis mungkin akan mengeluarkan pernyataan resmi terkait flaperon itu pekan ini," sambung dia, seperti dikutip AFP, Rabu (5/8/2015). 

Pemeriksaan flaperon dilakukan di Prancis pada hari ini. Truss mengatakan seoran pakar dari Biro Keamanan Transportasi Australia dikirim untuk turut terlibat dalam proses analisis. 

Truss menambahkan agensi sains nasional Australia atau CSIRO telah membuat sebuah model untuk memprediksi hingga sejauh mana puing MH370 dapat hanyut. Sesuai model CSIRO, puing MH370 memang diprediksi hanyut ke arah Pulau Reunion. 

Australia telah memimpin pencarian MH370. Data satelit dan lainnya menunjukkan MH370 kemungkinan terjatuh di wilayah selatan Samudera Hindia. 

Sejumlah kapal telah menelusuri area seluas 50 ribu kilometer per segi untuk mencari petunjuk MH370, namun hingga kini belum berbuah hasil. 


(WIL)