Menlu AS dan Tiongkok Diskusikan Laut China Selatan

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Aug 2015 13:45 WIB
asean
Menlu AS dan Tiongkok Diskusikan Laut China Selatan
Menlu AS John Kerry (kiri) berdialog dengan Menlu Tiongkok Wang Yi di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (5/8/2015). (Foto: AFP / BRENDAN SMIALOWSKI / POOL)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry dan Menlu Tiongkok Wang Yi membicarakan meningkatnya ketegangan atas konflik Laut China Selatan. 

Tiongkok memicu kemarahan beberapa negara tetangga atas klaim di hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Kerry dan Wang mendiskusikan masalah itu di Kuala Lumpur, di sela pertemuan ASEAN Ministerial Meeting (AMM), Rabu (5/8/2015). 

"Saya telah melakukan pertemuan yang baik dengan menteri luar negeri Tiongkok dan saya berharap hari ini dan besok kita semua akan mencari cara untuk maju bersama secara efektif," ucap Kerry setelah berdialog dengan Wang, seperti dikutip AFP

Sementara Wang, mengatakan kepada reporter bahwa Kerry "menyambut baik dukungan Tiongkok untuk menyelesaikan masalah Laut China Selatan secara damai."

AMM juga dimanfaatkan Indonesia untuk melakukan pertemuan bilateral. Salah satunya dengan Tiongkok.

Saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wang Yi, kemarin, Menlu Retno Marsudi membahas beberapa hal termasuk isu Laut China Selatan. Kedua Menlu sepakat bahwa menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan merupakan kepentingan bersama dan harus dikedepankan.

"Semua pihak harus mengambil langkah untuk mengurangi adanya defisit kepercayaan di kawasan," ujar Menlu Retno Marsudi, dalam keterangan tertulis Kemenlu.

Terkait dengan masalah Laut Tiongkok Selatan, kedua Menlu sepakat dimulai pembahasan secara lebih detil mengenai elemen-elemen untuk implementasi Etika Berperilaku (Code of Conduct in the South China Sea) dan terus mendorong implementasi Declaration of Conduct in the South China Sea. Untuk meningkatkan hubungan bilateral, kedua negara sepakat untuk melaksanakan Joint Commission for Bilateral Cooperation RI-RRT tingkat Menteri Luar Negeri tahun ini.


(WIL)