Gaji Telat, Guru 'Gali Lubang Tutup Lubang' Penuhi Kebutuhan

Damar Iradat    •    Rabu, 05 Aug 2015 14:33 WIB
kisruh apbd dki jakarta
Gaji Telat, Guru 'Gali Lubang Tutup Lubang' Penuhi Kebutuhan
Kepala Sekolah SDN 01 Kebun Sirih Jakarta Pusat Slamet Syarif,--Foto: MTVN/Damar Iradat

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah guru gelisah lantaran pembayaran gaji yang terlambat. Keterlabatan pembayaran gaji guru ini sudah berjalan hampir delapan bulan.

"Sudah sering, ini bukan kali pertama. Sejak anggaran baru 2015 ini. Ada pemberitahuan hanya lewat Whatsapp saja," tegas Kepala Sekolah SDN 01 Pagi Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Slamet Syarif kepada Metrotvnews.com, Rabu (5/8/2015).

Akibatnya mereka kelimpungan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka pun mencari pinjaman kepada sanak saudaranya.

"Mereka mengeluh karena punya kaitan dengan pihak ketiga (pemberi hutang). Harus bayar cicilan motor, rumah, segala macam. Soalnya kan kalau jatuh tempo dari pihak sana mereka enggak mau tahu gaji telat," cerita Slamet.

Sebagai Kepala Sekolah, Slamet juga harus ikut memikirkan masalah para guru agar problem itu tidak menggangu proses belajar mengajar, yang mengakibat para siswa dirugikan.

"Saya dengarnya bingung juga, seperti apa solusinya. Paling yang bisa saya bantu, pas punya uang ya saya pinjemin tapi kan kemampuan saya terbatas, enggak bisa semua guru saya kasih pinjam" bebernya.

Padahal, sambungnya, peristiwa semacam ini tak pernah terjadi. "Dulu-dulunya enggak pernah terlambat. Alasannya karena sistem baru. Yang saya tanya, kenapa malah terlambat pakai sistem baru. Harusnya kan mempercepat," tegas dia.


(MBM)