Kuartal II-2015, Pertumbuhan Ekonomi Terendah Sejak 2011

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 05 Aug 2015 15:06 WIB
pertumbuhan ekonomi
Kuartal II-2015, Pertumbuhan Ekonomi Terendah Sejak 2011
Kepala BPS Suryamin (kiri) (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) meyakini pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 4,67 persen di kuartal II-2015 merupakan angka terendah sejak 2011.

‎"Dari 2011 pertumbuhan memang selalu melandai. Pertumbuhan ekonomi kuartal II-2015 ini paling terendah," ungkap Kepala BPS Suryamin, ditemui dalam konferensi pers Pertumbuhan Ekonomi kuartal II-2015, di Gedung BPS, Jakarta, Rabu (5/8/2015).

Melambatnya pertumbuhan ekonomi di kuartal II tahun ini, dia menyebutkan, karena pengaruh dari ketidakpastian ekonomi global yang belum pulih, ditambah dengan harga komoditas yang sedang mengalami tekanan.

"Padahal komoditas Indonesia menjadi salah satu sumber ekspor yang lagi digenjot. Harga minyak dunia juga turun. Kita juga ekspor minyak, mitra dagang kita juga melemah, jadi penjualan kita menurun," tuturnya.

‎Di tengah ekonomi yang lemah saat ini, Suryamin tetap optimistis jikalau ekonomi akan tumbuh lebih baik di tahun depan. Hal itu disebabkan pemerintah yang sedang mendorong pembangunan infrastruktur yang merupakan pengganti dari penghapusan subsidi BBM.

"Indonesia banyak penduduk dan SDA yang melimpah, maka bisa terjadi ekonomi Indonesia lebih baik, potensinya sangat besar," pungkasnya.


(ABD)