Alami Kekeringan, Kementan Siap Bantu Petani di Sumsel

Antara    •    Rabu, 05 Aug 2015 15:20 WIB
kekeringankementan ads
Alami Kekeringan, Kementan Siap Bantu Petani di Sumsel
Ilustrasi (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Metrotvnews.com, Palembang: Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan siap membantu petani di Sumatera Selatan (Sumsel) yang lahan persawahannya mengalami kekeringan akibat kemarau panjang yang terjadi sekarang ini.

Plt Kepala Dinas Pertanian,Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sumsel Erwin Noor Wibowo mengatakan, pemerintah pusat telah mencadangkan dana untuk membantu petani yang lahannya mengalami kekeringan.

"Bantuan tersebut dianggarkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan waduk dan alat pengadaan air lainnya seperti pompa," ujar dia, kepada wartawan di Palembang, Rabu (5/8/2015).

Dia menambahkan sekarang ini belum ada yang mengusulkan sehingga pihaknya belum mengatahui besar dana melalui DAK tersebut. Kementan terus mengantisipasi supaya persawahan di daerah ini tidak terjadi kekeringan yang dapat mengakibatkan gagal panen. 

Ia tak memungkiri bahwa ada beberapa hektare (ha) persawahan yang mengalami kekeringan tetapi itu tidak mengakibatkan gagal panen. "Apalagi persawahan sekarang ini sudah ada yang memasuki panen sehingga antisipasi harus dimaksimalkan. Kami merasa optimistis program ketahanan pangan akan berhasil karena antisipasi saat kemarau sudah dimaksimalkan," pungkas dia.


(ABD)