Alasan Mengapa Jari Sering Bengkak

   •    Rabu, 05 Aug 2015 16:52 WIB
kesehatan
Alasan Mengapa Jari Sering Bengkak

Metrotvnews.com: Pernah mengalami jari tiba-tiba membengkak? Jika iya, Anda jangan terlalu panik, sebab jari yang membengkak itu punya banyak alasan tetapi tidak berbahaya. Namun, perlu dicatat baik-baik, kasusnya akan berbeda apabila jari Anda membengkak dan juga disertai nyeri, berarti itu menunjukkan ada masalah serius, yang perlu bantuan para medis.

Untuk mengenal lebih lanjut lagi, berikut beberapa alasan mengapa jari Anda bisa membengkak berdasarkan keterangan Tammy Olsen Utset, MD, MPH, profesor di University of Chicago.

1. Kelebihan garam

Ingat, tubuh Anda suka menjaga keseimbangan antara garam dan air secara konsisten. Jadi, apabila Anda makan banyak garam, untuk menyeimbanginya Anda perlu banyak minum air agar tidak terjadi pembengkakan pada jari.

Biasanya pembengkakan ringan itu disebabkan oleh makanan asin, untuk sembuhnya, itu tergantung seberapa banyak garam yang berada dalam sistem Anda. Nah, apabila Anda sudah membatasi asupan garam tapi tetap ada pembengkakan, segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Osteoarthritis

Apabila sendi jari tulang Anda membesar hingga cincin yang biasa Anda gunakan tidak muat, itu bisa jadi karena osteoarthritis. Tammy menjelaskan, biasanya ini berkaitan dengan usia. Meskipun tidak selalu, osteoarthritis sering disertai dengan nyeri dan kekakuan. Banyak bentuk-bentuk arthritis yang juga bisa membuat jari Anda membengkak dan pegal.

3. Carpal tunnel

Ketika saraf yang berjalan dari lengan bawah ke telapak tangan terjepit di pergelangan tangan, saat itulah carpal tunnel berkembang. Pembengkakan yang dihasilkan biasanya disertai dengan rasa sakit, terbakar, kesemutan, atau mati rasa di tangan dan jari-jari.

Biasanya gejala akan berkembang seiring berjalannya waktu. Bagian yang paling sering terkena itu jempol, jari tengah dan telunjuk. Penelitian juga menunjukkan jika carpal tunnel mempengaruhi perempuan lebih banyak ketimbang laki-laki.

4. Lymphedema

Penyakit ini terjadi ketika cairan getah bening (yang membawa limbah, bakteri, dan virus dari tubuh) tidak cukup keluar dari tubuh. Hasilnya, jari-jari terutama kaki bisa membengkak. Menurut laporan dari National Cancer Institute, biasanya kulit Anda juga akan lebih tebal dari biasanya.

Lymphedema telah dikaitkan dengan operasi atau radiasi untuk kanker payudara. Dalam kasus yang jarang terjadi, lymphedema dapat juga disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sistem getah bening Anda.

5. Penyakit Raynaud

Raynaud adalah penyempitan arteri karena sirkulasi penyempitan darah, sering disebabkan oleh cuaca dingin atau stres. Menurut England Journal of Medicine, pembengkakan dengan rasa sakit akan kembali ketika sirkulasi kembali (saat di mana Anda tidak lagi stres).

Tammy memaparkan penyakit raynaud umum terjadi pada wanita dibandingkan pria. Gejalanya biasanya, jari tangan Anda berwarna biru atau pucat sebelum akhirnya membengkak.

6. Preeklamsia

Beberapa pembengkakan khas untuk ibu hamil, tapi bengkak di tangan dengan menekuk ibu jari bisa menyebabkan Anda menderita preeklamsia. Kondisi ini ditandai dengan tekanan darah tinggi, dan jika tidak cepat diobati, dapat menyebabkan komplikasi serius bagi ibu dan bayi, seperti yang dijelaskan American College of Obstetri dan Ginekologi. Hal ini paling sering terjadi pada wanita hamil lebih tua, biasanya usia di atas 40 tahun, yang hamil anak kembar. (Sumarni/ Prevention)


(FIT)