Saudi Eksekusi Mati Tiga Terpidana Kasus Pembunuhan

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Aug 2015 17:22 WIB
eksekusi mati
Saudi Eksekusi Mati Tiga Terpidana Kasus Pembunuhan
Pemandangan umum kota Riyadh, Arab Saudi. (Foto: AFP / Patrick Baz)

Metrotvnews.com, Riyadh: Pemerintah Arab Saudi mengeksekusi mati dua warga Ethiopia dan satu warga pribumi yang terbukti bersalah dalam kasus pembunuhan, Rabu (5/8/2015). 

Dua warga Ethiopia, Argawi Aldo Heilan Meriam dan Hadish Zel Alam, terbukti memukuli rekan senegaranya hingga tewas. Menurut laporan Kementerian Dalam Negeri Saudi, seperti dikutip Saudi Press Agency, keduanya dieksekusi di wilayah Jazan. 

Dalam kasus terpisah, seorang warga Saudi Mushasha Harisi juga dieksekusi di Jazan. Ia terbukti menembak mati warga Saudi lainnya dalam sebuah pertengkaran. 

Metode eksekusi ketiganya tidak disebutkan, namun diduga dilakukan dengan pemenggalan di hadapan publik. 

Jumlah warga asing dan lokal yang dieksekusi pemerintah Saudi tahun ini meningkat hingga 130 persen dari 87 orang pada sepanjang 2014. 

Di bawah hukum syariah versi Saudi, terpidana narkotika, perkosaan, pembunuhan, perampokan bersenjata dan kemurtadan, harus dihukum mati.

Saudi menegaskan aturan ketat harus diterapkan untuk menciptakan efek jera. Namun sejumlah aktivis mempertanyakan keadilan dalam sistem pengadilan Saudi. 

Amnesty International menyebut Saudi sebagai salah satu negara yang paling sering menjalankan eksekusi mati. Negara lainnya adalah Tiongkok, Iran, Irak dan Amerika Serikat. 


(WIL)