Ada Unsur Kesengajaan di Balik Kebakaran di Pasar Gembrong?

Aedy azeza ulfi    •    Rabu, 05 Aug 2015 17:34 WIB
kebakaran pasar
Ada Unsur Kesengajaan di Balik Kebakaran di Pasar Gembrong?
Pasar Gembrong Setelah Terbakar (Foto: MTVN/Aedy Azeza Ulfi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran hebat selama empat jam malam tadi menimpa Pasar Gembrong, Cipinang, Jakarta Timur. Sejumlah warga menduga penyebab kebakaran karena seseorang membakar sampah di bawah kolong jembatan sekitar lokasi.

Menurut salah satu petugas kepolisian yang tidak ingin menyebutkan namanya, kebakaran diduga ada unsur kesengajaan. "Biasa itu, biar pergi jadi dibakar. Kan akan ada apartemen dibangun, nanti tidak ada yang mau membeli kalau di sampingnya ada lingkungan padat penduduk," ucap sang polisi kepada penjual nasi yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi kebakaran, Rabu (5/8/2015).

Saat Metrotvnews.com mendatangi lokasi, rumah para warga yang terbakar bersebelahan dengan pembangunan yang sedang berjalan. Kapolsek Jatinegara Kompol Suhanda membantah ada unsur kesengajaan itu. Dia mengatakan, penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak kepolisian.

"Itu masih diselidiki. Kita tidak ingin mengaitkan dengan pihak-pihak tertentu. Ada unsur kesengajaan atau tidak, masih kita selidiki," kata Suhanda.

Kebakaran yang melanda permukiman dan kios di Pasar Gembrong, Cipinang, Jakarta Timur, padam pukul 24.00 WIB. Petugas memperkirakan kebakaran menghanguskan 28 unit bangunan, baik kios, rumah, maupun kios yang dijadikan rumah.

Sekitar 20 unit pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Kebakaran yang melanda permukiman padat penduduk dan beberapa kios ini membuat akses lalu lintas macet dan sempat dialihkan.


(YDH)