Ikut Maju Pilkada, Kepala Desa Dilaporkan Warga ke KPK

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 05 Aug 2015 18:03 WIB
pilkada serentak
Ikut Maju Pilkada, Kepala Desa Dilaporkan Warga ke KPK
KPK----MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Sembilan warga Purworejo, Jawa Tengah, mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Mereka bermaksud melaporkan bakal calon wakil bupati Purworejo Budi Sunaryo yang diduga menyelewengkan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2007-2014.

"Nilai kerugian Rp200 juta. Ini sangat memprihatinkan karena pembangunan di Purworejo masih minim," kata tokoh masyarakat Purworejo, Zainal Arifin, di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (5/8/2015).

Menurut dia, Budi Sunaryo yang maju bersama Nurul Tri Wahyuni di pilkada sudah pernah dilaporkan ke Polres Purworejo. Dia menambahkan, perintah pemeriksaan terhadap Sunaryo juga sudah dikeluarkan Kejaksaan Negeri Purworejo.

Hingga kini, kata dia, proses pengungkapan kasus masih berjalan. Dia hakul yakin, Budi Sunaryo terlibat dalam kasus tersebut.

"Saya siap digugat kalau memang laporan ini tidak mengarah ke Budi," tegas Zainal sambil menunjukan dokumen korupsi Sunaryo kepada awak media.

Zainal menjelaskan, dugaan tindak pidana yang dilakukan Budi Sunaryo yang masih menjadi kepala Desa Majir, Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, membuat warga kecewa. Dia pun berharap, PDIP dan PKB yang mengusung Budi membatalkan dukungannya.

Sementara Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha mempersilakan Zainal untuk melaporkan dugaan korupsi tersebut. Priharsa menegaskan KPK akan menindaklanjut dugaan tersebut apa bila ditemukan adanya unsur tindak pidana korupsi.

"Silahkan saja dilaporkan secara resmi ke KPK, nanti ditindaklanjuti untuk dicari tahu apakah ada dugaan korupsinya atau tidak," kata Priharsa.


(TII)