The Changcuters Manggung pada Festival Summer Sonic di Jepang

Nia Deviyana    •    Rabu, 05 Aug 2015 18:04 WIB
the changcuters
The Changcuters Manggung pada Festival Summer Sonic di Jepang
The Changcuters (Foto:Metrotvnews.com/Nia Deviyana)

Metrotvnews.com, Jakarta: The Changcuters akan membuktikan kreativitas bermusiknya di panggung internasional.

Band yang sudah 10 tahun berkiprah di blantika musik Indonesia ini dipastikan tampil pada Summer Sonic, 15 Agustus mendatang. Summer Sonic merupakan sebuah festival musik internasional di Jepang yang digelar rutin sejak era 2000-an.

Sederet musisi dunia pernah tampil di sana. Sebut saja, Coldplay, Guns N' Roses, Green Day, dan Blink 182.

Pada festival tahun ini, The Changcuters akan menjadi wakil Indonesia untuk manggung di Island Stage, berbarengan dengan legenda sekaliber Chemical Brothers dan Manic Street Preachers.

Undangan ini menjadi kehormatan yang harus dibayar dengan performance terbaik oleh The Changcuters. Namun, keinginan band yang menyebut dirinya kuintet ini tidak muluk-muluk, hanya berharap bisa menyedot setengah hingga 1 persen penonton, dari total yang diperkirakan berjumlah 70 ribu hingga 100 ribu orang.

"Kita tidak meremehkan jumlah yang sedikit. Kadang yang sedikit itu kadang bisa jadi ampuh. Minimal, mereka jadi tahu dan sadar bahwa Indonesia punya musik rock yang potensial. Apalagi kalau mereka mau meng-upload atau me-review penampilan kita. Itu bisa jadi manfaat yang berantai," ujar vokalis The Changcuters, Tria, saat ditemui di kantor Sony Music, Jakarta Pusat, Rabu (5/8/2015).

Dalam Summer Sonic nanti, band yang digawangi Tria (vokalis), Qibil (backing vocal & gitaris), Alda (gitaris), Dipa (bassis), dan Erick (drummer) ini akan membawakan perwakilan lagu dari album pertama hingga ke-4.

"Ya, sekitar enam hingga delapan lagu lah," imbuh Tria.

Ini bukan kali pertama The Changcuters beraksi di Jepang. Sebelumnya pada 2011, mereka unjuk kebolehan di Yoyogi Park, Tokyo, atas undangan KBRI Jepang.


(ROS)