Industri Otomotif

Honda Jalankan Strategi Khusus untuk Dongkrak Penjualan

Ekawan Raharja    •    Jumat, 07 Aug 2015 08:40 WIB
honda motor
Honda Jalankan Strategi Khusus untuk Dongkrak Penjualan
PT AHM siapkan beberapa strategi untuk mendokrak penjualan. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Semester pertama pasar motor tanah air masih terbilang lesu. Melihat hal tersebut, PT Astra Honda Motor mempersiapkan strategi jitu mengatasi kondisi lesu tersebut.

Toshiyuki Inuma, President Director PT AHM, menjelaskan bahwa dibandingkan tahun lalu Honda mengalami penurunan 19 persen. Menghadapi kondisi tersebut, PT AHM sudah mempersiapkan strategi untuk kembali menggenjot penjualan.

"Kami akan melakukan berbagai strategi untuk menghadapi kondisi pasar yang lesu. Harus dipersiapkan agar bisa meningkat," jelas Toshiyuki Inuma pada Rabu, 5 Agustus, di Kemayoran Jakarta.

Bos Astra Honda Motor tersebut menjelaskan salah satu strateginya adalah dengan menjaga kondisi pasar agar tetap sehat. Agar tidak merusak kondisi pasar, PT AHM melakukan penyesuaian stok produk di pasar dan produksi.

Kemudian cara yang dilakukan selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan pasar. Seperti yang dilakukan saat ini dengan meluncurkan dua unit motor baru di segmen sport.

Namun di saat kondisi yang lesu ini, pria asal Jepang tersebut yakin bahwa pasar akan kembali pulih. Kemudian ditargetkan pula kondisi akhir tahun 2015 bisa membaik, sehingga penurunan hanya mencapai 10 persen jika dibandingkan tahun lalu.

Cara ini seperti ini juga jadi strategi yang sama dilakukan beberapa APM motor yang ada di Indonesia. Bahkan oleh Yamaha. Jelas mereka sekarang sedang berjuang untuk memperbaiki kondisi dan penerimaan pasar pada produk mereka.


(UDA)