Bahaya Minuman Bersoda untuk Kesehatan

   •    Rabu, 05 Aug 2015 18:36 WIB
kesehatan
Bahaya Minuman Bersoda untuk Kesehatan
Minuman bersoda berefek buruk untuk kesehatan. (Foto:telegraph.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Soft drink atau minuman bersoda kaya akan kalori yang bisa membuat kesehatan Anda terancam. Bahkan lebih buruknya lagi, minuman ini bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Tidak percaya? Berikut fakta mengejutkan tentang bahaya sering minum soft drink.

1. Tulang lemah

Minuman ringan merebut kalsium dari tulang Anda sehingga membuat mereka lemah dan rapuh. Asam fosfat ditambahkan dalam minuman ringan membuatnya asam sehingga mengambil kalsium dari tulang Anda. Selain itu, kafein yang ditambahkan dalam soft drink juga mencegah penyerapan kalsium oleh tulang yang selanjutnya melemahkan tulang. Jadi, berhati-hatilah.

2. Berat badan

Soft drink yang rutin Anda konsumsi bisa membuat Anda gemuk. Minuman ini mengandung presentase gula yang tinggi yang mana cukup membuat Anda kelebihan berat badan. Makanya, jika tidak ingin gemuk, Anda harus menyadari berbagai masalah kesehatan yang dapat menyebabkan obesitas.

3. Mudah depresi

Keburukan lainnya, soft drink dapat menyebabkan perubahan suasana hati, sehingga Anda mudah depresi dan tersinggung dalam jangka panjang. Aspartam (pemanis buatan) yang ditambahkan dalam soft drink mengubah komposisi kimia dari otak hasilnya menyebabkan suasana hati yang rendah dan gampang depresi.

4. Diabetes

Orang yang sudah gemuk dan memiliki riwayat keluarga diabetes harus menghindari minuman sarat gula halus ini. Namun, jika Anda benar-benar ingin meminum soft drink, tidak apa konsumsi sebulan sekali untuk memberikan tubuh Anda waktu dalam metabolisme semua gula yang ada di dalamnya.

5. Meningkatkan risiko kanker

Banyak bahan kimia berbahaya seperti formalin ditambahkan dalam soft drink yang mana berisiko merusak sel-sel tubuh Anda dan menyebabkan kanker. Apalagi jika Anda sering meminumnya, risiko terkena kanker akan jauh lebih besar.

6. Fungsi ginjal melambat

Soft drink akan mengganggu fungsi ginjal. Karena ada zat berbahaya yang disalurkan minuman ini pada bagian ginjal. Oleh karena itu, ginjal bekerja tidak efisien dan akhirnya, akan berhenti bekerja. Ginjal yang tidak berfungsi bisa menyebabkan Anda berada diambang kematian.

7. Menginginkan lebih banyak makanan manis

Setelah meminum soft drink, pikiran Anda akan selalu menginginkan lebih banyak makanan manis lagi. Dengan demikian, Anda akan berakhir dengan kadar gula darah yang tinggi serta risiko diabetes akan meningkat. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)