BPCB Pamerkan Arca 'Langka' di Heritage Expo 2015

Patricia Vicka    •    Rabu, 05 Aug 2015 18:42 WIB
budaya
BPCB Pamerkan Arca 'Langka' di Heritage Expo 2015
Arca Langka bernama Narasimha(kanan) dipamerkan dalam Heritage Expo 2015, Metrotvnews.com/ Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta menggelar pameran cagar budaya bertajuk Heritage Expo 2015. Pameran bertajuk 'Membangun Pembelajaran Pelestarian Cagar Budaya' itu memamerkan ratusan koleksi benda purbakala beraneka rupa.

Benda purbakala yang dipamerkan seperti arca dari batu, prasasti, uang logam, tembikar, dan guci. Salah satunya bernama Arca Narasimha terbilang langka dan hanya ada dua buah di dunia.

Kepala Pelestarian dan Pemanfaatan BPCB DIY, Wahyu Astuti, menjelaskan Arca Narashima unik karena filosofi dan maknanya. Arca itu berbentuk perwujudan Dewa Wisnu sebagai Narasiwa Nawakara (manusia berkepala singa) yang sedang membunuh musuh (Hiranyakasipu) dengan cara membelah dadanya.

"Arca ini berbentuk Dewa Wisnu sedang membunuh Hiranyakasipu. Raksasa ini tidak bisa dibunuh siang, tidak bisa dibunuh malam, maka dibunuh sore. Tidak bisa dibunuh manusia, tidak bisa dibunuh binatang, Dewa Wisnu berubah menjadi manusia setengah binatang untuk membunuhnya. Tidak bisa dibunuh di dalam rumah maupun di dalam rumah, Dewa Wisnu membunuh di pintu. Tidak bisa dibunuh dengan senjata apapun, Dewa Wisnu membunuh dengan kuku. Cara cerdas Dewa Wisnu inilah yang menambah nilai Arca ini," jelas Wahyu, Rabu (5/7/2015).

Ia melanjutkan, Arca Narasimha ditemukan di Candi Ijo pada tahun 1975. Selain Arca, BPCB turut memamerkan sebuah prasasti yang baru saja ditemukan di situs Candi Kedulan.

"Ada tiga prasasti yang ditemukan di Candi Kedulan kami pamerkan juga disini. Batu-batuan dari jaman pra sejarah hingga peninggalan Kerajaan Islam Mataram juga bisa dilihat dipameran ini," pungkasnya.

Adapula prasasti lainnya yang terbuat dari logam, daun lontar dan tembaga turut dipamerkan. Heritage Expo 2015 digelar selama empat hari sejak 5 -8 Agustus 2015 di Kantor BPCB jalan Jogja-Solo Kalasan, Yogyakarta.


(RRN)