Ridwan Kamil Akan Pindahkan Pemkot ke Bandung Teknopolis Gedebage

Roni Kurniawan    •    Kamis, 06 Aug 2015 10:28 WIB
kota bandung
Ridwan Kamil Akan Pindahkan Pemkot ke Bandung Teknopolis Gedebage
Foto: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil/MTVN_Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyarankan pusat pemerintahan dipindahkan ke kawasan Bandung Teknopolis, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Emil bahkan berencana memindahkan Balai Kota Bandung dan seluruh kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung ke kawasan Bandung Timur itu.

"Saya mau ke Jakarta mau lapor ke Menteri Agama, karena Bandung kan mau bikin pusat pemerintahan. Jadi semua kantor-kantor Pemkot Bandung, Dinas-dinas termasuk Balaikota akan kita pindah ke daerah teknopolis itu," kata Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2015).

Guna memuluskan rencana itu Emil pun harus mengantongi izin dari Menteri Agama. Pasalnya, tanah yang berada di kawasan Bandung Teknopolis seluas 8 hektare itu merupakan aset pemerintah pusat.

"Karena itu tanah milik negara yang akan kita gunakan dan masuk di dalam administrasi Kementrian Agama," tuturnya.

Diakui Emil, rencana pemerataan pembangunan tersebut disinyalir untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat karena seluruh dinas-dinas akan berada dalam satu kawasan tersebut.

"Semua Dinas disitu. Jadi SKPD terpusat disana dan tingkat pelayanan lebih efisien," lanjutnya.

Ia pun berharap proses izin yang akan dikeluarkan dari Kementrian Agama bisa berjalan dengan lancar. Emil pun mengaku sudah memulai rancangan desain yang akan digunakan untuk pusat pemerintahan Kota Bandung tersebut.

"Dan mudah-mudahan kalau lancar izin dikeluarkan dan kita bisa memulai proses rancangan kawasan pemerintahan. Ya temanya lebih green arsitektur, futureristik arisitektur tapi punya nilai-nilai kesundaan juga.Tahun depan (2016) bisa kita mulai kalau izinnya lancar," pungkas pria yang identik dengan kacamata itu.

Seperti diketahui, saat ini lokasi pelayanan dari dinas-dinas Pemkot Bandung tersebar di berbagai kawasan dan cenderung berada di tengah Kota Bandung yang berbaur dengan pusat keramaian seperti tempat wisata, hiburan dan perkantoran.


(TTD)