Tiongkok Desak Malaysia Lanjutkan Penyelidikan Insiden MH370

Fajar Nugraha    •    Kamis, 06 Aug 2015 11:49 WIB
malaysia airlines
Tiongkok Desak Malaysia Lanjutkan Penyelidikan Insiden MH370
Bagian pesawat yang diduga berasal dari Malaysia Airlines MH370 (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Beijing: Pemerintah Tiongkok mendesak Malaysia untuk melanjutkan penyelidikan atas apa yang terjadi terhadap pesawat Malaysia Airlines MH370.

Desakan dilontarkan usai konfirmasi puing pesawat di Pulau Reunion berasal dari MH370. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengkonfirmasi asal dari puing pesawat itu.

"Kami meminta Malaysia untuk tetap melanjutkan penyelidikan atas apa yang terjadi terhadap pesawat Malaysia Airlines," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Hua Chunying, seperti dikutip Reuters, Kamis (6/8/2015).

"Malaysia juga harus menjaga legitimasi hak dan kewajiban dari keluarga korban," lanjutnya.

Pihak penyelidik Australia yakin bahwa pesawat Malaysia Airlines MH370 akan segera ditemukan. Ketua Komisioner Australian Transport Safety Bureau (ASTB) Martin Dolan, penemuan di Pulau Reunion konsisten dengan upaya yang pencarian yang dilakukan selama ini.

Namun Dolan menambahkan masih terlalu dini untuk mengetahui apa yang terjadi dengan pesawat Malaysia Airlines tersebut. Menurutnya hasil penyelidikan flaperon yang ditemukan di Pulau Reunion sangat diperlukan.

Australia memimpin pencarian dari pesawat yang hilang pada 8 Maret 2014 itu. Hingga saat ini sudah lebih 50 ribu kilometer per segi Samudera Hindia ditelusuri untuk mencari pesawat itu.

Pesawat Malaysia Airlines MH370 menghilang pada 8 Maret 2014, usai lepas landas dari Kuala Lumpur, menuju Beijing. 239 penumpang berada di dalam pesawat yang dinyatakan jatuh di Samudera Hindia tersebut.
 


(FJR)