Udang NTT Rambah Timor Leste

Antara    •    Kamis, 06 Aug 2015 12:27 WIB
perikanan
Udang NTT Rambah Timor Leste
Udang ANT/Irwansyah

Metrotvnews.com, Kupang: Hasil produksi udang jenis vaname dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mulai merambah pasar di negara tetangga Timor Leste.

"Hasil produksi udang kita mulai 2015 ini sudah dipasarkan ke Timor Leste, walaupun masih dalam skala kecil," ucap Kepala UPT Perbenihan dan Perikanan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi NTT Cornelis Sapulete, di  Kupang, Kamis (6/8/2015).

Menurut dia produksi udang NTT memang belum banyak diketahui oleh para pengusaha di luar daerah, karena baru mulai berproduksi secara efektif pada 2015 ini.

Dia menambahkan, selain Timor Leste, pihaknya juga sedang menjajaki kemungkinan pasar ke negara lain yang membutuhkan udang vaname dari provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kita akan mencari mitra bisnis, yang akan ikut mencari pangsa pasar udang ke negara lain, selain pasar dalam negeri," ujarnya.

Adapun produksi udang NTT dari tambak supraintensif yang berpusat di kawasan Tambolong Kupang berkisar antara 25-30 ton pertahun. Produksi ini akan ditingkatkan menjadi 60-90 ton per tahun pada 2017.

"Pemerintah berencana menambah dua buah tambak supraintensif pada 2016, sehingga mulai 2017 kita sudah bisa meningkatkan produksi," tuturnya.

Dia mengatakan jika hasil produksi udang bisa dipertahankan secara terus menerus selama satu tahun, maka pemerintah akan berupaya mendatangkan investor untuk membangun pabrik di daerah ini.

Mengenai harga jual, dia mengatakan sementara ini masih dijual dengan harga Rp60-70 per kilogram di pasaran lokal.



(SAW)