Kenapa Menangis Baik untuk Kesehatan?

   •    Kamis, 06 Aug 2015 13:01 WIB
kesehatan
Kenapa Menangis Baik untuk Kesehatan?
Menangis juga baik untuk kesehatan. (Foto:foxnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menangis bukan berarti Anda termasuk orang yang cengeng, tapi itu hanya luapan emosi yang sedang Anda alami. Para psikolog malah merekomendasikan setiap orang harus menangis setiap kali mereka merasa sedih ataupun senang. 

Jadi, jangan menghindar dan biarkan air mata Anda keluar. Sebab, ini sangat sehat. Mengapa demikian? Berikut alasan mengapa menangis juga baik untuk kesehatan Anda.

1. Air mata membersihkan mata Anda

Air mata melumasi bola mata dan kelopak mata, juga mencegah dehidrasi dari berbagai membran mukosa. Dengan menangis mata Anda tidak akan lagi kering, karena memiliki pasokan air yang baik untuk melumasi mata yang berasal dari air mata. Dengan demikian, Anda akan mengurangi risiko terkena masalah mata.

2. Air mata membunuh bakteri

Air mata bekerja sebagai agen anti-bakteri, anti-virus, dan melawan kuman. Mungkin tanpa Anda sadari, Anda sering mengucek mata Anda setelah memegang benda-benda yang memiliki banyak bakteri dan kuman. Hasilnya, bakteri tersebut akan berkembang biak di mata Anda. Tapi tenang saja, air mata bisa mengatasi itu semua karena memiliki cairan lisozin yang dapat membunuh 90 sampai 95 persen dari semua bakteri di mata hanya dalam waktu 5-10 menit.

3. Air mata meningkatkan suasana hati

Hal ini diyakini bahwa tindakan menangis bisa menurunkan emosi negatif pada setiap orang. Mengeluarkan air mata sama saja mengeluarkan rasa cemas, gelisah, amarah, kelelahan dan gangguan-gangguan emosional lainnya. Setelah menangis Anda pasti akan merasa lebih lega dan tenang.

4. Air mata menurunkan stres

Sama seperti berolahraga, air mata juga mampu membantu menghilangkan stres. Air mata membantu menghilangkan beberapa bahan kimia yang dibangun dalam tubuh dari stres, seperti enkephalin leusin dan prolaktin. Menekan air mata dapat meningkatkan tingkat stres, dan memberikan kontribusi untuk penyakit yang disebabkan oleh stres, seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, dan penyakit lambung.

5. Air mata melepaskan perasaan

Menangis adalah terapi segala macam emosi yang bisa saja berdampak buruk pada sistem saraf dan kardiovaskular. Jadi tidak baik menekan perasaan dan emosi Anda karena itu bisa mempengaruhi banyak hal termasuk kualitas Anda. Menangis adalah semua tentang membersihkan pikiran yang mengganggu Anda dan itu dianggap sangat sehat karena memberikan Anda perasaan jauh lebih santai. (Suamrni/ Times of India)


(LOV)