Legislator: Pelaku Ekonomi Masih Ragu Hadapi MEA

Antara    •    Kamis, 06 Aug 2015 13:07 WIB
mea 2015
Legislator: Pelaku Ekonomi Masih Ragu Hadapi MEA
Ilustrasi MEA (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Medan: Kalangan pelaku usaha di Sumatera Utara (Sumut) dinilai masih ragu-ragu dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai diberlakukan pada penghujung 2015 ini atau di awal 2016.

Anggota Pansus MEA DPRD Sumut Efendi Panjaitan mengatakan, kalangan pelaku ekonomi di Sumut sebenarnya menyadari jika MEA dapat menjadi peluang untuk mengembangkan berbagai usaha yang dijalankan. Namun, pelaku ekonomi tersebut merasa ragu-ragu karena belum memadainya infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha guna menghadapi persaiangan.

"Saya pikir, apa yang dikeluhkan pelaku ekonomi itu adalah realita," katanya, di Medan, Kamis (6/8/2015).

Menurut dia, dalam berbagai kesempatan, Pemprov Sumut sering menyebutkan jika dunia usaha di provinsi itu siap menghadapi kerja sama ekonomi yang melibatkan negara-negara di Asia Tenggara tersebut. Namun, pelaku ekonomi juga dinilai wajar merasa ragu-ragu karena pernyataan tersebut tidak sebanding dengan ketersediaan infrastruktur pendukung dunia usaha.

Ia mencontohkan dengan tidak mencukupinya persediaan energi listriknya di Sumut, terutama dengan masih defisitnya pasokan yang dimiliki PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Demikian juga dengan kualitas infrastruktur jalan di Sumut yang dinilai kurang mendukung upaya pengembangan berbagai kegiatan bisnis yang dijalankan masyarakat.

Bahkan, Pemprov Sumut juga terkesan belum memiliki konsep yang jelas mengenai pengembangan berbagai sektor usaha yang akan dijual dalam MEA. Salah satu sektor usaha di Sumut yang belum diketahui konsep yang digunakan adalah bidang kepariwisataan meski potensinya sangat besar.

"Tidak diketahui konsep yang diusung Pemprov Sumut, apakah tentang view (pemandangan) atau kultur yang berbeda dengan daerah lain," pungkasnya.


(ABD)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

17 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA