Dirut Perumnas: Pelemahan Rupiah Turunkan Penjualan Properti Mewah

Annisa ayu artanti    •    Kamis, 06 Aug 2015 13:59 WIB
perumahan
Dirut Perumnas: Pelemahan Rupiah Turunkan Penjualan Properti Mewah
Illustrasi Perumahan ANT/FB Anggoro

Metrotvnews.com, Jakarta: Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menyatakan pelemahan rupiah membuat penjualan properti mengalami penurunan. Pasalnya, harga komponen properti tersebut mengalami kenaikan.

Direktur Utama Perumnas Himawan Arief Sugoto membenarkan penjualan dunia properti mengalami penurunan atas pelemahan rupiah. Namun, dia mengatakan dampak tersebut tidak terlalu signifikan terhadap properti menengah ke bawah.

"Isi penjualan dunia properti mengalami penurunan, properti menengah atas. Menengah bawah tidak terlalu signfikan,"kata Himawan, di Kantor Pusat Perumnas, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Selain itu, dia menjelaskan yang menjadi faktor penghambatan penjualan dunia properti lainnya adalah kebijakan perbankan down payment(DP) yang dinilai terlalu memberatkan.

Perumnas akan menyiasati dengan program pembangunan yang sekarang sedang berjalan. "Kami siasati dengan program pembangunan yang ada, dari sisi pendapatan kita, target Rp1,6 triliun sekarang sudah Rp600 miliar semester satu," ungkap dia.


(SAW)