Serapan Barang/Jasa via E-Catalogue Capai Rp15 Triliun

Suci Sedya Utami    •    Kamis, 06 Aug 2015 14:05 WIB
apbnp2015ekonomi indonesia
Serapan Barang/Jasa via E-Catalogue Capai Rp15 Triliun
LKPP MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Prabowo beserta jajarannya menyambangi kantor Wakil Presiden RI di Jalan Veteran III, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kedatangan Agus untuk melaporkan pengadaan barang /jasa lewat program e-catalogue hingga bulan ke-7 pada 2015 yang baru terserap Rp15 triliun. Meskipun penyerapannya telah menyamai angka penyerapan pengadaan melalui e-catalogue yang sama sepanjang tahun lalu, namun angka ini terbilang kecil.

E-catalogue sejatinya bisa mempercepat percepatan pengadaan barang/jasa karena kementerian/lembaga bisa langsung membeli barang di situs tanpa harus melakukan proses tender. Apalagi jika melihat pagu belanja barang/jasa Pemerintah dalam APBN Perubahan 2015 sebesar Rp238,8 triliun.

“Artinya masih banyak yang harus diserap, meskipun pengadaan barang/jasa bisa dilakukan bukan hanya melalui e-catalogue,” kata dia di Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi LKPP  Sarah Sadiqa mengatakan masih banyak barang yang bisa diserap pemerintah lewat e-catalogue dan sedang dikebut penyerapannya hingga akhir tahun.

"Masih ada 179 paket yang belum terbeli oleh Pemerintah dengan total nilai Rp100 triliun lagi, yang itu harus dikebut oleh teman-teman kementerian dan daerah," jelas Sarah.
 


(SAW)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

9 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA