Buya Syafii Maarif: Kaum Muda Non-Idealisme, Generasi Tua tidak Berteladan

- 19 Mei 2013 20:12 wib
ANTARA/ Ujang Zaelani/ip
ANTARA/ Ujang Zaelani/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Tokoh bangsa Ahmad Syafii Maarif atau yang akrab disapa Buya menilai generasi muda saat ini sebagian besar sudah menanggalkan idealismenya. Di sisi lain, generasi tua juga tidak memberikan teladan sehingga membuat Indonesia sulit meraih kebangkitan kembali.

"Pemuda sendiri sudah tidak kompak, sebagian mereka terlibat politik praktis, sudah tidak ada idealisme dan sibuk sendiri," kata Buya ketika dihubungi Media Indonesia, Minggu (19/5).

Buya memaparkan, idealisme merupakan unsur utama bagi pemuda untuk dapat menggerakkan bangsa. Jika idealisme terkendala, kebangkitan itu pun sulit dilakukan.

Tak hanya tidak memiliki idealisme, pemuda juga disebut Buya sudah berpikiran pragmatis. "Rata-rata pemuda kita sudah pragmatis, yang dikejar keuntungan jangka pendek semata."

Diakui Buya masih ada pemuda yang memiliki jiwa pencerah seperti Anies Baswedan dan Andy F Noya. Ia berharap lebih banyak lagi pemuda yang dapat memberikan kontribusi besar kepada bangsa.

Buya yang pernah menjadi ketua umum PP Muhammadiyah ini menyesalkan fenomena pragamtis dikalangan pemuda. Namun, ia juga mengritisi peran dari penguasa dan generasi tua yang tidak banyak memberikan teladan pada generasi muda.

"Memang tidak ada teladan dari penguasa, dari presiden juga gitu-gitu saja, menteri gubernur bupati dan walikota juga sama. Ada sebagian yang idealis, tapi sebagian besar larut dalam pragmatisme, ini membuat kepentingan jangka panjang tidak ada," papar Buya.

Mengetahui fenomena tersebut, Buya menilai harus segera diakhiri. Momentum pemilihan umum 2014 mendatang menjadi pertaruhan besar bagi bangsa ini, peran pemuda pun dihadapkan pada tantangan besar saat itu.

"Pemilu tahun depan itu sangat penting, rakyat harus cerdas dan kritis. Peran media juga penting, berikan tayangan dan sajian yang mendidik agar menjadi bangsa yang besar," tutup Buya yang juga menjadi Presiden World Conference on Religion for Peace (WCRP). (Fidel Ali Permana)

()

Anggota Komisi IX DPR TI dari Fraksi PDIP, Rieke Diah Pitaloka. -- MI/Susanto

PDIP Buat Gebrakan dalam Waktu Dekat

24 April 2014 12:24 wib

GEBRAKAN ini menyangkut nama yang akan disandingkan dalam Pilpres 2014 bersama Joko Widodo.