Hadapi El Nino, Kemenkeu Minta Restu Presiden Raih Dana Rp3,5 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Kamis, 06 Aug 2015 14:43 WIB
elnino
 Hadapi El Nino, Kemenkeu Minta Restu Presiden Raih Dana Rp3,5 Triliun
Ilustrasi el nino Dok/Reuters

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tinggal menunggu perintah presiden untuk menggunakan dana cadangan pangan Rp3,5 triliun dalam mewaspadai gejolak El Nino yang terjadi di akhir tahun.

"Dana cadangan pangan dalam menanggulangi gejolak El Nino mencapai Rp3,5 triliun mau dibawa ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah diputuskan maka dana Rp3,5 triliun akan digunakan, sebanyak Rp1,5 triliun untuk cadangan beras pemerintah (CBP) dan Rp2 triliun untuk anggaran cadangan pangan," kata Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani ketika ditemui di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Dana sebanyak Rp3,5 triliun akan terdiri dari dana CBP sebesar Rp1,5 triliun yang bisa langsung digunakan untuk menambah kapasitas beras yang ada di Bulog. Sisanya yang mencapai Rp2 triliun masih menunggu regulasi dari Kementerian Koordinator Perekonomian.

‎Namun, meskipun sudah ada dana antisipasi dan Waspada El Nino, dia tidak bisa memperkirakan dampak El Nino terjadi ke depannya. ‎

"Intinya antisipasi dan harus diatasi pemerintah. Tapi kan kita enggak tahu kondisinya akan seperti apa," pungkas dia.



(SAW)