Alonso Enggan Membandingkan Kualitas Mourinho dengan Guardiola

Hilman Haris    •    Kamis, 06 Aug 2015 15:51 WIB
bayern muenchen
Alonso Enggan Membandingkan Kualitas Mourinho dengan Guardiola
Guardiola (kiri) saat melatih Barcelona. Sedangkan Mourinho (kanan) ketika melatih Real Madrid (DANI POZO / AFP)

Metrotvnews.com, Muenchen: Gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso sudah pernah merasakan dilatih oleh sejumlah pelatih hebat selama 10 tahun terakhir. Namun, Alonso menegaskan tidak ingin membanding-bandingkan kualitas para pelatih yang pernah menanganinya. Apalagi membandingkan antara Pep Guardiola dengan Jose Mourinho.

"Saya bangga sudah pernah dilatih oleh Mourinho dan Guardiola. Tapi saya tidak ingin membandingkan keduanya. Saya tidak pernah menyebut Mourinho lebih baik dari Guardiola," kata Alonso seperti dilansir AS.

Kualitas Mourinho dan Guardiola memang kerap dibanding-bandingkan dalam beberapa tahun terakhir. Sebagian kalangan menganggap Mourinho punya kualitas lebih baik lantaran selalu sukses di setiap tim yang ditangani. Pada 2004 silam, Mourinho berhasil membawa FC Porto menjadi juara Liga Champions. Enam tahun kemudian, tepatnya pada musim 2009--2010, Mourinho kembali merengkuh gelar Liga Champions bersama Inter Milan.

Prestasi itu yang sejauh ini tidak bisa dilakukan Guardiola. Catatan mentereng dibuat pelatih asal Spanyol itu pada 2009 lalu. Ketika itu, Barcelona berhasil dibawa Guardiola meraih tiga gelar dalam semusim. Namun tak seperti Mourinho, Guardiola kurang berjaya ketika berganti klub. Sejauh ini, Bayern selalu gagal dibawa Guardiola meraih gelar Liga Champions.

Alonso tak melihat catatan itu sebagai kekurangan di dalam diri Guardiola. Menurut eks gelandang Liverpool itu, Guardiola sejauh ini sudah menunjukkan prestasi luar biasa di Bayern walau belum bisa mempersembahkan gelar Liga Champions.

"Tim ini memiliki pelatih yang bagus. Klub besar bakal dikritik andai gagal menang. Bayern juga merasakan seperti itu. Klub ini memang selalu dituntut untuk meraih semua gelar," ujar Alonso.

Guardiola sudah dua musim membesut Bayern. Selama itu, Guardiola berhasil memberikan lima gelar bergengsi, di antaranya 2 trofi Bundesliga (2013--2014 dan 2014--2015), DFB Pokal 2013--2014, Piala Super Eropa 2013, dan Piala Dunia Antarklub 2013. (Goal)


(HIL)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

1 hour Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA