Mendagri Sepakat Pendaftaran Pilkada Diperpanjang

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 06 Aug 2015 16:17 WIB
pilkada serentak
Mendagri Sepakat Pendaftaran Pilkada Diperpanjang
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: MTVN/LB Ciputri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sepakat dengan keputusan hasil rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memperpanjang jadwal pendaftaran Pemilukada. "Kami ikut saja (setuju). Kan penyelenggara Pilkada KPU," kata Tjahjo di Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2015).
 
Tjahjo menjelaskan, perpanjangan jadwal pendaftaran dan penyelenggaraan Pilkada tetap berjalan pada 9 Desember mendatang. Menurut dia, tak ada yang perlu dipermasalahkan dengan hal tersebut.
 
"Teman-teman kan sudah clear, pusat memberikan rekomendasi kepada daerah (perpanjangan waktu)," tegas dia.
 
Kendati demikian, dengan diberlakukannya perpanjangan waktu, pemerintah tak berani memastikan perpanjangan waktu akan efektif menambah bakal calon kepala daerah. Begitu pula dengan isu pengunduran Pilkada pada 2017.
 
"Enggak bisa dipastikan hari ini (calon kepala daerah bertambah), kita tunggu. Yang 2017 juga kita tunggu saja, kan masih tujuh hari. Kita lihat nantilah," ungkap dia.
 
Hari ini, KPU resmi memperpanjang waktu pendaftaran bagi 7 daerah yang memiliki calon tunggal. KPU mengikuti rekomendasi Bawaslu untuk memperpanjang waktu pendaftaran mulai 9-11 Agustus 2015, pekan depan.


(FZN)