Kabareskrim Jamin Pimpinan KPK Mendatang Bersih

Mufti Sholih    •    Kamis, 06 Aug 2015 16:44 WIB
capim kpk
Kabareskrim Jamin Pimpinan KPK Mendatang Bersih
Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso----Metrotvnews.com/Desi

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komjen Budi Waseso menjamin, calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi bersih dari masalah hukum. Sebab, Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK bekerja sama dengan Bareskrim buat menelusuri capim.

"Iya nanti pasti ada jaminannya ke situ (bebas dari masalah kriminal)," kata Buwas, sapaanya di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/8/2015).

Diketahui, Bareskrim saat ini tengah menelusuri rekam jejak capim KPK. Bareskrim menelusuri apakah calon pimpinan punya catatan kriminal di masa lampau atau tidak.

Buwas pun menerangkan, proses penelusuran tengah dilakukan tim dari Bareskrim. Penelurusan dilakukan ke semua lini.

"Sekarang tetap berjalan prosesnya, kita telusuri semua, saya sudah bagi-bagi tim. Timnya itu ke sektor-sektor, ke wilayah, tentunya yang berkaitan dengan jejak yang bersangkutan, berdomisili, bekerja, asal usulnya, semua kita teliti," jelas dia.

Jenderal polisi bintang tiga itu pun menjelaskan, penelusuran dilakukan supaya tidak ada calon yang punya borok kriminal bisa memimpin lembaga antirasywah. Sebab, borok tersebut bisa mengganggu proses pemberantasan korupsi.

"Supaya nanti dikemudian hari, di kala yang bersangkutan sudah terpilih dan menjabat, kemudian dicari-cari (kesalahan) itu tidak boleh," tegas Buwas.


(TII)